Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Atasi Hujan Lebat, BNPB dan BPPT Tebar 6.400 kg Garam

Hujan lebat di Jakarta. (dok. The Jakarta Post)

Topcareer.id – Sebelum hujan lebat masuk ke wilayah Jabodetabek, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC)

TMC ini sendiri dilakukan dengan cara menebarkan 6.400 kg NaCl atau garam yang mencakup wilayah barat daya – barat – barat laut Jabodetabek menggunakan pesawat jenis CN 295 dan Casa 212-200 mulai Senin (6//1/2020) hingga Selasa (7/8/2020).

Penyemaian material TMC bertujuan untuk mengalihkan potensi awan hujan sebelum hujan lebat masuk ke wilayah Jabodetabek.

Baca juga: Banjir, Hubungi Nomor Ini untuk Evakuasi Hewan Peliharaan Kamu

BPPT melakukan penyemaian ini berdasarkan data pertumbuhan awan yang didominasi faktor adveksi awan, yaitu di wilayah barat daya, barat dan barat laut wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi atau Jabodetabek.

Menyikapi potensi cuaca ekstrem sepekan ini, BNPB juga mengimbau agar masyarakat untuk selalu waspada dan siap siaga menghadapi potensi bahaya, seperti banjir bandang, longsor, angin kencang atau pun angin puting beliung.

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply