Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Mei 26, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Penyebab Orang Pingsan Saat Melihat Darah

Ilustrasi orang pingsan

Topcareer.id – Beberapa orang bisa merasa mendadak lemas atau bahkan pingsan saat melihat darah. Kondisi ini dikenal dengan Vasovagal syncope.

Orang yang memiliki kondisi ini biasanya hanya dengan melihat darah atau jarum suntik atau bahkan hanya mendengar cerita tentang itu, bisa membuat mereka pingsan. Para suami yang mengalami kondisi ini pasti akan pingsan saat melihat langsung istrinya melahirkan.

Dilansir dari Thehealthy.com, Jumat (11/01/2020) vasovagal syncope membuat detak jantung tidak beraturan dan tekanan darah menurun secara drastis. Ketika tekanan darah turun secara tiba-tiba, aliran darah yang menuju ke otak berkurang dan pembuluh darah di kaki akan melebar serta darah terkonsentrasi berkumpul di bawah, ini menyebabkan pingsan.

Kecuali kamu menunjukkan tanda-tanda memiliki tekanan darah rendah kronis, pingsan karena respons vasovagal bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika pingsan kamu acak dan bukan karena mengalami kondisi tersebut, kamu mungkin perlu ke dokter untuk memastikan itu bukan pertanda kondisi yang lebih serius.

Alasan lain orang pingsan saat melihat darah bisa menjadi sifat bawaan. Menurut Fred Jaeger, direktur medis dari Center for Syncope dan Autonom Disorders Klinik Cleveland di Ohio, pingsan mungkin merupakan respons yang diturunkan dari nenek moyang manusia.

Setelah mengetahui tanda-tanda yang jelas bahwa kamu akan pingsan, kamu bisa melakukan hal-hal seperti berbaring atau duduk dan menopang kakimu. Ini membantu gravitasi menjaga darah mengalir kembali ke otak.* (rw)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan