- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, January 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Jangan Lari dari Tantangan! Hadapi demi Kesuksesan

Sumber foto: exitaconsulting.comSumber foto: exitaconsulting.com

Topcareer.id – Tantangan adalah peluang. Sayangnya, ketika tantangan muncul dalam bentuk masalah, kebanyakan orang justru kehilangan akal dan melakukan sesuatu yang semakin memperburuk keadaan.

Semua orang akan menghadapi banyak tantangan di setiap hari, termasuk dalam hal pekerjaan. Sebagian orang mencari alasan untuk menghindar, sementara beberapa orang lainnya akan mengambil kesempatan itu agar lebih dekat dengan kesuksesan karier mereka.

Mengutip careermetis.com, Selasa (14/01/2020), berikut beberapa tips untuk membantumu menangani tantangan yang datang.

Jaga agar tetap tenang dalam situasi penuh tekanan

Ketika kamu bekerja dengan sekelompok orang, kamu perlu menjaga hubungan baik dengan semuanya. Disadari atau tidak, mereka suka membantu orang yang ceria dan baik. Jadi jika kamu penuh amarah sepanjang waktu, tak ada kolega yang mau membantumu.

Mintalah saran dari orang yang berpengalaman

Saat kamu kesulitan, kamu harus berimprovisasi atau mencari nasihat dari orang yang berpengalaman. Mereka akan memberikan saran yang bermanfaat tentang masalah kamu.

Bahkan Sherlock Holmes sesekali meminta nasihat dari kakaknya, Mycroft. Jadi, tak ada salahnya mencari nasihat dari orang bijak dan berpengalaman untuk mendapat solusi

Baca juga: Tantangan PR di Era Post-Truth: Mengenali Hoax

Ciptakan strategi kamu

Jangan cuma mengandalkan insting, kamu memerlukan beberapa strategi dan terus berimprovisasi setiap kali masalah muncul. Saat membuat strategi, kamu perlu mengamati dan menganalisis situasi. Kamu harus realistis setiap saat.

Jangan takut mengambil risiko

Tak ada yang pernah melakukan sesuatu yang hebat dengan bermain aman, begitu juga dirimu. Kamu harus mengambil risiko lebih sering daripada yang kamu perkirakan. Hadapi setiap tantangan dan ambil tindakan tepat untuk mengatasinya. Ingat, tidak mengambil risiko adalah risiko terbesar sepanjang masa.

Percaya pada diri sendiri

Jika kamu tidak memiliki kepercayaan pada diri sendiri, bagaimana kamu bisa berharap orang lain percaya pada kamu? Ada kalanya beberapa tantangan membuat kita lebih baik dan membuat kita merasa tertekan. Ingatkan diri mengapa kamu mulai melakukan pekerjaan ini sejak awal.

Baca juga: Baru Jadi Manajer? Ini Tantangan dan Cara Menghadapinya

Beri diri waktu istirahat sesekali

Bekerja tanpa henti, tanpa istirahat tidak hanya membuat kamu kehilangan sedikit kesenangan dalam hidup, tetapi juga mengorbankan kesehatan mental. Kamu bukan zombie. Untuk berfungsi dengan baik dan bisa mengatasi tantangan reguler, kamu perlu otak tetap dalam kondisi puncaknya.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply