- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, February 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ada Keputusan yang Harus Diambil? Lakukan Ini Dulu

Ilustrasi. (dok. Wordpress)

Topcareer.id – Setiap hari kamu pasti akan dihadapkan pada pilihan yang membuatmu harus mengambil keputusan. Mulai dari keputusan kecil hingga besar yang harus kamu pikirkan untuk diambil.

Untuk bisa menjadi seorang decision maker yang hebat ada langkah yang harus kamu lakukan.

Dikutip dari Corporatewellnessmagazine.com, Kamis (16/01/2020), berikut ini langkah yang perlu dilakukan untuk mengambil keputusan terbaik

Identifikasi tujuan
Identifikasi tujuan keputusan kamu dengan bertanya pada diri sendiri apa sebenarnya masalah yang perlu diselesaikan. Mencari tahu apa yang paling penting akan membantumu membuat keputusan yang baik.

Baca juga: Keputusan Genting Harus Dibuat? Ini 6 Cara Mengambil Risiko yang Perlu Kamu Miliki

Kumpulkan informasi untuk mempertimbangkan pilihan
Buat daftar dari setiap alternatif yang mungkin, bahkan yang awalnya terdengar konyol atau tampak tidak realistis. Selalu cari pendapat orang-orang yang kamu percayai atau bicarakan dengan para ahli dan profesional. Itu akan membantumu menemukan berbagai solusi saat menimbang semua pilihan untuk keputusan akhir.

Pertimbangkan konsekuensinya
Ini adalah langkah penting karena memungkinkan kamu untuk meninjau pro dan kontra dari berbagai opsi yang ada. Ini juga penting karena kamu ingin merasa nyaman dengan semua opsi dan kemungkinan hasil dari mana pun yang akan kamu pilih.

Buat keputusan
Sekarang saatnya untuk membuat pilihan dan melaksanakan keputusan akhir. Memahami bahwa langkah ini bisa menyebabkan beberapa orang merasa cemas adalah penting karena di sinilah kamu harus memercayai instingmu.

Baca juga: Ini Bagian Otak yang Fungsinya Mengambil Keputusan Hidup

Evaluasi keputusan
Begitu kamu telah membuat keputusan akhir dan menerapkannya, perlu untuk mengevaluasi keputusan dan langkah-langkah yang telah kamu ambil untuk memastikan itu berhasil. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply