Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Cara Mengisi Headline LinkedIn Agar Cepat Direkrut

Ilustrasi. Sumber foto: Cultivated CultureIlustrasi. Sumber foto: Cultivated Culture

Topcareer.id – Coba tanamkan pikiran bahwa menyusun profil LinkedIn-mu sama pentingnya dengan menyusun resume atau curriculum vitae yang sempurna.

Namun, beberapa hal di LinkedIn mungkin tampak membingungkan harus diisi dengan apa, seperti Linkedin headline atau informasi utama.

Apa yang harusnya dimasukkan untuk informasi ini? Biron Clark, salah satu Top Voices dalam Job Search & Careers in 2019 di LinkedIn menyarankan beberapa hal terkait informasi Headline di LinkedIn.

“LinkedIn Hadline adalah teks yang muncul di bawah nama di halaman profilmu. Ruang ini memberimu 120 karakter untuk menggambarkan kepada dunia LinkedIn siapa dirimu dan apa yang kamu lakukan,” kata Clark dalam laman The Ladders.

Baca juga: Cara Profil LinkedIn Kamu Dapat Perhatian Lebih Banyak

Mengapa Headline LinkedIn penting?

Pertama, headline Linkedin-mu adalah salah satu dari beberapa hal yang dapat dilihat oleh perekrut dan manajer perekrutan sebelum mereka mengklik profilmu. Jika kamu mengomentari kiriman, membagikan kiriman, atau melamar pekerjaan melalui LinkedIn, headline akan menjadi deskripsi pertama yang dibaca.

Selain itu, ketika perekrut melakukan pencarian untuk mencari peran tertentu, LinkedIn akan memberikan daftar 10 orang per halaman. Pada halaman itu, perekrut akan melihat foto, lokasi, serta beberapa koneksi – selain informasi utama.

Apa yang perlu ditulis di headline LinkedIn?

“Saya suka menempatkan satu atau dua kata kunci yang menunjukkan apa pekerjaan intimu atau keterampilan. Aku tidak suka terlalu lucu atau terlalu aneh dengan itu … aku ingin tetap menunjukkan apa yang kamu kerjakan,” kata Clark yang juga Founder CareerSidekick.com.

Beberapa profesional menyarankan menggunakan alat penelitian kata kunci online gratis, tetapi metode favorit Clark sebenarnya adalah dengan menganalisis posting pekerjaan peran yang kamu minati atau posisi yang akan menjadi langkah selanjutnya dalam hal kariermu.

Baca juga: Kesalahan Terbesar dalam Memanfaatkan LinkedIn

Selain itu, jangan merasa wajib untuk memasukkan posisi yang diberikan perusahaanmu saat ini ke peranmu. Meskipun headline mungkin “Happines Manager”, kamu tidak akan muncul dalam pencarian jika seorang perekrut sedang mencari koordinator sumber daya manusia.

Sama seperti saat membuat resume, metrik juga merupakan cara yang sangat berguna untuk menarik perhatian seseorang menggunakan informasi utama profilmu.

Contoh judul dengan metrik:

– Pakar Hubungan Masyarakat melayani 23 klien Fortune 500 dalam empat tahun terakhir.

– Tenaga penjualan B2B | USD2,4 juta dihasilkan pada 2019.

– Saya membantu pelatih dan konsultan menghasilkan tambahan USD10.000-20.000 per bulan melalui iklan video.

Headline LinkedIn untuk seorang mahasiswa atau fresh graduate

Sementara sebagian besar saran Clark tetap sama untuk para profesional yang menganggur dan sedang mencari pekerjaan baru. Dia menyarankan agar siswa atau lulusan baru dapat mengubah informasi utama mereka agar sesuai dengan magang atau mencari pekerjaan.

Contoh headline LinkedIn mahasiswa dan fresh graduate:

– Siswa dengan pengalaman magang selama semester di media nasional.

– Lulusan keuangan terkini dengan fokus di bidang ekonomi dan pemasaran.

Yuk, ubah headline LinkedIn kamu biar dilirik perekrut. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply