Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Apa Itu Lethologica? Ini Penjelasannya

Sumber foto: ShutterstockSumber foto: Shutterstock

Topcareer.id – Pernahkah kamu ditanya pertanyaan yang sebetulnya kamu sudah tahu jawabannya, tetapi sulit sekali untuk mengucapkannya seolah-olah tertahan di ujung lidah, dan kamu terus menerus berjuang mati-matian memikirkan kata yang akan kamu ucapkan untuk menjawab? Inilah Lethologica.

Lethologica didefinisikan psikolog sebagai perasaan yang menyertai ketidakmampuan sementara untuk mengambil informasi dari ingatan.

Mengapa orang bisa mengalami lethologica?

Dikutip dari verywellmind.com, Senin (27/01/2020), bahasa adalah proses yang sangat kompleks, sehingga semua hal bisa salah.

Peristiwa ini sangat mungkin terjadi ketika otak lelah. Meskipun fitur lain dari memori otak bekerja, namun banyaknya ingatan lain yang mengganggu juga dapat memiliki pengaruh timbulnya lethologica.

Penjelasan metakognitif untuk fenomena ini menunjukkan bahwa lethologica berfungsi sebagai semacam alarm. Seperti sinyal peringatan, mereka dapat memperingatkanmu tentang masalah potensial yang perlu diatasi.

Contohnya, jika kamu mengalami lethologica berulang kali sebelum ujian atau presentasi saat belajar, kamu akan tahu bahwa kamu mungkin perlu belajar lebih banyak dan lebih giat untuk memperbaiki ingatanmu.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply