- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, February 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Selain ke Wuhan, Menhub Tak Stop Penerbangan ke China, Ini Alasannya

Pesawat sedang menuju apron.

Topcareer.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama memimpin Rapat Koordinasi untuk membahas upaya pencegahan virus korona di Indonesia, di Kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (27/1).

Menhub mengatakan, hingga saat ini belum ada pelarangan penerbangan dari dan ke Kota di China, selain kota Wuhan, ibu kota provinsi Hubei, China.

“Jadi yang kami tutup adalah penerbangan yang dari Wuhan saja, sementara dari kota di China lainnya belum ada pelarangan. Pertimbangannya belum ada pernyataan kebahayaan dari WHO,” sebut Menhub dalam keterangan resminya.

Namun demikian, Menhub menjelaskan ada prosedur-prosedur tertentu yang diterapkan kepada penumpang dan awak pesawat dari penerbangan internasional, termasuk dari negeri China yang datang ke Indonesia.

Sebagai informasi, terdapat 7 (tujuh) kota di Indonesia yang terhubung dengan rute penerbangan ke kota-kota di Cina yaitu Jakarta, Denpasar, Manado, Batam, Semarang, Solo, dan Surabaya. Sedangkan untuk penerbangan ke Wuhan dari Indonesia adalah dari Denpasar dengan frekuensi 4 kali penerbangan setiap minggu dengan kapasitas penumpang per minggu sebanyak 1.720 penumpang selama periode Winter 2019.

Sebelumnya, Menhub telah meminta seluruh stakeholder transportasi untuk melakukan upaya-upaya antisipasi pencegahan masuknya Virus Corona ke Indonesia melalui Bandara dan Pelabuhan. Upaya yang dilakukan yaitu : melakukan pemantauan dan pemeriksaan penumpang dan kru secara lebih intensif untuk penerbangan internasional termasuk dari China, melakukan koordinasi intensif dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang ada di Bandara dan Pelabuhan, dan meminta para petugas di Bandara dan Pelabuhan Internasional menggunakan masker.

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply