Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

7 Keuntungan Bekerja Paruh Waktu Sambil Kuliah

Ilustrasi. (dok. Japanese Station)

Topcareer.id – Bekerja paruh waktu sambil kuliah bisa merupakan keistimewaan. Namun bisa pula sebuah tantangan atau cobaan hidup yang harus dilalui. Tergantung bagaimana kamu memandangnya.

Ada yang menganggapnya pula sebuah keberuntungan, karena tak semua orang punya kesempatan punya pekerjaan sambil menimba ilmu. Namun, ini juga bisa disebut tantangan karena fokus kuliah akan terpecah oleh beban pekerjaan.

Makanya bila menjalaninya yang harus kamu punyai adalah komitmen membagi waktu antara bekerja dan belajar. Dan itu bukanlah hal mudah.

Tetapi ada banyak manfaat dari bekerja paruh waktu sebagai mahasiswa. Seperti menghasilkan uang tambahan hingga mendapatkan pengalaman kerja yang berharga.

Mengutip Careeraddict.com, Rabu (29/01/2020), berikut alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan untuk bekerja paruh waktu sewaktu mengecap bangku kuliah.

1.Menghasilkan uang saku ekstra
Mahasiswa biasanya memiliki sedikit atau tidak punya uang, tetapi ketika kamu bekerja paruh waktu, kamu tidak perlu lagi khawatir untuk membeli kebutuhan dasar.

2. Belajar mengelola uang
Ketika kamu mulai menghasilkan uang dari diri sendiri, kamu akan cenderung menjadi lebih berhati-hati tentang bagaimana menggunakan uang. Ini juga membuatmu sadar finansial sejak usia muda.

3. Mendapat keterampilan tambahan
Pekerjaan paruh waktu dapat membantumu memperoleh keterampilan yang tidak akan diajarkan di kampus. Semua keterampilan berharga yang didapat dari kerja paruh waktu bisa kamu gunakan.

4. Menjadi lebih percaya diri
Jika kamu introvert, bekerja paruh waktu dapat membantumu keluar dari cangkang dan membantu meningkatkan kepercayaan dirimu. Kamu akan belajar untuk merasa lebih nyaman dengan orang lain.

5. Mengembangkan keterampilan interpersonal
Selain kepercayaan diri, pekerjaan paruh waktu memberimu kesempatan untuk belajar bagaimana berinteraksi dengan kepribadian yang berbeda dalam semua jenis pekerjaan.

6. Belajar kemandirian
Memang kamu akan bertanggung jawab atas jadwal, uang, dan tugasmu sendiri. Akibatnya, kamu tidak akan terlalu bergantung pada orang-orang di sekitarmu, dan kamu akan belajar bagaimana menjaga diri sendiri.

7. Belajar mengelola waktu
mengerjakan banyak tugas berbeda saat bekerja paruh waktu dapat membantumu meningkatkan keterampilan manajemen waktu. Kamu akan menjadi lebih terorganisir dan efisien dengan waktu. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply