Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, May 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ingin Diterima Kerja? Dokumen Ini Harus Kamu Miliki

Ilustrasi. Sumber foto: Money CrashersIlustrasi. Sumber foto: Money Crashers

Topcareer.id – Setelah menempuh pendidikan, umumnya orang akan segera mencari kerja secepat mungkin. Mereka sibuk memperindah CV agar membuat para perekrut terkesan dan mau mempekerjakan mereka.

Nah, ternyata bukan hanya selembar CV saja lho yang harus kamu berikan kepada perekrut, tetapi ada juga beberapa dokumen yang wajib kamu bawa saat melamar pekerjaan.

Apa aja ya? simak baik-baik artikel di bawah ini ya.

Kartu Tanda Penduduk (KTP)
Jangan lupa untuk membawa KTP saat melamar kerja. Perusahaan biasanya akan mengecek apakah alamat yang tercantum pada CV cocok dengan alamat yang dicantumkan di dalam KTP.

Fotokopi Ijazah dan transkrip nilai
Biasanya perusahaan akan meminta Ijazah yang telah dilegalisir untuk meminimalisir pemalsuan ijazah pendidikan. Mereka juga akan mengecek transkrip nilai untuk melihat apakah nilai kamu menunjang posisi yang kamu lamar.

Sertifikat pendukung
Untuk memastikan pengalaman yang ada di dalam CV kamu, perusahaan akan meminta sertifikat pendukung. Dalam beberapa kasus, mereka juga akan menelepon tempat kerjamu yang dulu untuk memastikan kinerja kamu.

Pas foto
Pas foto terbaru penting dibawa oleh pelamar kerja, apalagi jika kamu melamar untuk posisi yang membutuhkan penampilan yang menarik. Jadi sebaiknya siapkan pas foto ukuran 2×3, 3×4 dan 4×6 masing-masing 3 lembar ya.

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply