Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 22, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Bosan Lembur? Terapkan 3R dalam Bekerja

Ilustrasi. Sumber foto: hemavitonIlustrasi. Sumber foto: hemaviton

Topcareer.id – Siapa di sini yang sering bekerja lembur? Terkadang, lembur terpaksa dilakukan lantaran kita kurang bisa mengatur manajemen waktu. Alhasil, waktu kerja kita pun harus bertambah karena pekerjaan yang belum terselesaikan.

Awas, jangan suka keseringan lembur. Bekerja dengan jam kerja berlebih dapat membahayakan kesehatan mental dan fisik kamu lho.

Dikutip dari Businessinsider.com, Senin (3/2/2020), tiga hal ini mungkin dapat membantu kamu mengatur waktu, sehingga tidak akan disuruh lembur lagi oleh atasan kamu.

Reduce
Reduce sendiri berarti berhenti membeli apa yang tidak kamu butuhkan. Di dalam manajemen waktu, konsep ini berarti menghilangkan pertemuan yang tidak perlu atau mengganggu ketika kamu sedang bekerja.

Hal ini perlu dilakukan supaya kamu bisa fokus dan dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktunya. Jadi, buatlah daftar kegiatan harian kamu. Tentukan pertemuan yang menjadi prioritas dan hilangkan sisanya.

Reuse
Reuse atau penggunaan kembali dalam manajemen waktu berarti membuat sesuatu yang dapat dilakukan berulang kali. Misalnya kamu membuat rapat mingguan dengan staff setiap hari Selasa. Lakukan dan jadwalkan itu secara rutin, untuk membahas progres proyek yang sedang kamu kerjakan.

Yakin deh, selain membuat proyek kamu selesai tepat waktu, jadwal kamu juga akan lebih teratur dan efesien.

Recycle
Recycle yang memiliki arti daur ulang di sini adalah menggunakan waktu dengan sekreatif mungkin.

Misalnya kamu memiliki janji temu dengan klien. Agar tidak terlambat, pasti kamu datang lebih awal kan? Nah, jika ternyata klien belum datang, manfaatkan waktu luang tersebut untuk mengerjakan hal lain yang bekum terselesaikan.

Jadi dalam satu waktu, kamu bisa menyelesaikan dua pekerjaan sekaligus dan tak perlu membawa pulang pekerjaan ke rumah alias lembur.

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan