Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, June 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Baiknya Kirim Lamaran Kerja Jam Berapa?

Dok. Job Fits Sydney

Topcareer.id – Tahap melamar pekerjaan memang baru setengah dari pertempuran untuk mendapat pekerjaan. Tapi, awal tahap itu menentukan apakah kamu akan maju ke proses selanjutnya atau tidak.

Jadi, proses ini tetap perlu diperhatikan, termasuk dalam memilih waktu yang pas untuk melamar kerja.

Penelitian dari TalentWorks menemukan bahwa pelamar hampir lima kali lebih mungkin maju ke tahap wawancara jika mengirim aplikasi elektronik di antara pukul 6 pagi dan 10 pagi daripada jika mereka melakukannya setelah pulang kantor.

Singkatnya: kamu harus mengirimkan lamaran kerja online dalam sela waktu empat jam ini, di zona waktu jam kerja.

Baca juga: Ini yang Bikin Lamaran Kerja Menguap seperti Angin

Para peneliti melihat “subsampel 1.610 lamaran pekerjaan” yang dikirimkan secara acak. TalentWorks mereferensikan temuan sebelumnya yang menunjukkan bahwa kamu harus melamar ke suatu posisi dalam beberapa hari pertama postingannya, dan menggabungkan rekomendasi mereka mengenai melamar sebelum pukul 10 pagi.

“Dalam kombinasi, hanya dua optimasi ini yang dapat (secara ilmiah) meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan hampir 40 kali,” tulis laporan tersebut dalam laman The Ladders.

TalentWorks juga menemukan bahwa ketika mengirim aplikasi ke tempat yang tidak diketahui setelah pukul 10 pagi, peluangmu turun 10% setiap kali 30 menit berlalu.

Tapi ada penangguhan singkat selama makan siang, di mana peluang itu naik kembali ke 11% sekitar pukul 12:30 siang, sebelum kemudian mulai jatuh lagi.

Pos itu juga merujuk penelitian akademis terkait waktu, yang menunjukkan suasana hati perekrut pada siang hari, terutama yang berkaitan dengan waktu istirahat dan makan, bisa berarti hasil yang lebih buruk bagi para pencari kerja, apalagi ketika perekrut lelah dan lapar.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply