Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Pendapatan Profesi Hipnoterapis Cukup Menjanjikan?

Heri Siswanto, hipnoterapis. (foto: Retno Wulandari/Topcareer.id)

Topcareer.id – Menangani fobia, pemulihan trauma di masa lalu hingga konsultasi meningkatkan kepercayaan diri, semua itu semacam permasalahan psikologis yang bisa dibantu oleh seorang hipnoterapis. Karena ilmunya yang isitmewa itu, bayaran yang diterima dari profesi ini juga cuan banget.

Meski tak ada patokan standar berapa bayaran hipnoterapis dalam setiap sesi yang diberikan, namun setidaknya pendapatan dalam satu kali sesi (1-4 jam) bisa peroleh kisaran Rp1-5 juta. Itu untuk satu orang saja, belum jika harus menangani beberapa pasien dengan persoalan yang berbeda-beda.

Ketika ditanya soal pendapatan, Heri Siswanto, seorang hipnoterapis bersertifikat yang diwawancarai Topcareer.id, menjawab bahwa setiap terapis itu berbeda-beda dalam memasang tarifnya.

Baca juga: Bagaimana Menjadi Hipnoterapis yang Mampu Obati Trauma dan Fobia

“Belum ada standar khusus seperti itu, saya mengenal hipnoterapis yang sudah dikenal itu membuat profesional fee-nya Rp5 juta untuk 1 jam. Ada juga yang Rp3 juta satu jam. Tapi saya juga mengenal teman yang (patok harga) Rp500 ribu sampai selesai,” kata Heri, Rabu (15/1/2020) lalu.

Heri sendiri memberi harga pada layanan profesionalnya di angka Rp2,5 juta per sesi, namun tiap sesi itu tidak ia batasi jamnya. Dalam pelayanan yang ia berikan, pada prinsipnya ketika masalah dasar ditemukan, maka bisa langsung ia selesaikan saat itu. Jadi, satu sesi bisa 2 hingga 4 jam.

Dalam sehari ia bisa tangani dua orang karena sistem kerjanya tanpa batas waktu, bukan seperti orang kantoran. Nah, rata-rata per orang itu bisa habiskan sesi 2-4 jam.

“Prinsipnya case diselesaikan. Sebulan de facto (dalam praktiknya), klien saya rata-rata 20 orang” ujar Heri.

Heri yang fulltime mendedikasikan diri sebagai hipnoterapis ini menyampaikan bahwa ada kalanya ia menangani klien di luar tempat praktiknya di Apartemen Serpong Green View, yakni semacam home visit. Sebulan bisa tangani 4 kali home visit, bahkan sampai ke luar kota.

Fee (home visit) pasti beda. Ongkos dan akomodasi ditanggung klien. Kalau home visit di luar Jabodetabek, saya minta hipnoterapi 3 paket. Artinya ada 3 klien sekalian.”

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply