Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, July 3, 2020
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTips Karier

Jangan Sampai Lakukan Kesalahan Ini di Kantor

Ilustrasi. (dok. NYC Offices Suites)

Topcareer.id – Pengalaman kerja bertahun-tahun bukan berarti bisa menjamin bahwa kamu tak akan lagi melakukan kesalahan dalam bekerja.

Kesalahan masih mungkin terus terjadi. Bahkan, kesalahan kecil seperti salah kirim email saja bisa membuat reputasi kerjamu di mata rekan tampak buruk.

Berikut beberapa kesalahan yang baiknya kamu hindari, seperti dalam laman Reader’s Digest.

1. Mengirim email ke orang yang salah

Kebanyakan orang mengirim lusinan email setiap hari dalam rangka demi pekerjaan ataupun bukan. Selain harus selalu memeriksa ulang tata bahasa, pakar karier untuk Monster.com, Vicki Salemi juga mengatakan bahwa kamu harus memerhatikan kolom “kepada” atau “bcc.”

“Terutama ketika ada informasi rahasia, tentu tidak boleh mengirimkannya kepada orang yang salah. Kita kadang memang suka terburu-buru akhir-akhir ini, berusaha melakukan lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat, dan teknologi tentu saja mempercepatnya, kadang-kadang itu malah menggagalkan upaya kita,” katanya.

Jika kebetulan mengirim email yang salah kepada orang yang salah, Salemi mengatakan untuk mengaku dan meminta maaf itu profesional dan esensial.

2. Tidak mematuhi deadline

Setiap orang memiliki tenggat waktu untuk dipenuhi. Ketika tidak melakukan sesuatu yang kamu janjikan, bahkan jika memang memiliki alasan yang hebat, itu jadi cerminan negatif dari kinerja pekerjaanmu. Apa yang dapat membantumu bersikap berani dan profesional adalah bekerja dengan cepat dan cerdas.

3. Menghina bos (dan dia tidak sengaja mendengarmu)

Menurut Salemi, jangan bicarakan atasan pada semua orang di kantor, sekalipun teman dekat. Karena setiap diskusi negatif tentang atasan dapat membahayakan kariermu. Sayangnya, pulih dari kesalahan ini sangat sulit.

“Kamu seharusnya tidak menghina siapapun di tempat kerja, bahkan jika kamu merasa mereka layak mendapatkannya, dan bahkan jika kamu benar-benar tak peduli, kamu akan tetap tertangkap. Ketika kerusakan terjadi. Kamu mungkin mulai meminta maaf, menyatakan itu bukan apa yang mereka pikir, dan lebih banyak lagi, tetapi kemudian hanya menimbulkan alasan tambahan,” katanya.

4. Meninggalkan resume-mu di printer

Fakta: Menggunakan perlengkapan kantor untuk mencetak, menyalin, atau memindai apa pun jauh lebih murah daripada ke tempat lain. Tapi, kadang itu melanggar sebagian besar kebijakan perusahaan. Dan jika kamu menggunakan barang-barang kantor untuk mencetak resume atau surat pengantar, kamu berisiko dipecat.

5. Berbicara negatif di media sosial

Bahkan jika kamu pikir sudah menguasai pengaturan privasi sehingga tidak seorang pun di kantor dapat melihat postingan kamu tentang seberapa besar kamu membenci pekerjaan, memposting segala sesuatu yang negatif di internet tentang perusahaan adalah hal yang sangat tidak disarankan.

Jika sudah bertindak terlalu jauh, hapus semuanya sesegera mungkin. Meskipun masih ada kemungkinan itu dapat dideteksi jika seorang profesional yang melakukannya.

Leave a Reply