Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 10, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Cara Terhindar dari Kejahatan Internet Banking

Ilustrasi. (dok. Ajaib)

Topcareer.id – Belum lekang dari ingatan kita seorang wartawan senior, Ilham Bintang tabungannya di salah satu rekening bank dibobol orang. Sang pembobol membajak nomor smartphone Ilham dan dari situ melakukan transaksi internet banking. Pemimpin Redaksi Cek dan Ricek itu rugi hingga ratusan juta rupiah.

Agar apa yang terjadi pada Ilham Bintang tak kejadian sama kamu, penting untuk menghindari kejahatan dalam menggunakan internet banking. Berikut hal yang dapat dilakukan di antaranya.

Pertama, mengubah PIN/ password secara berkala, hal ini sangat efektif menghindari kejahatan di dunia maya.

Kedua, tidak melakukan transaksi online disembarang tempat terlebih di warnet atau area public hospot.

Ketiga, memperbarui antivirus yang digunakan. Salah satu cara yang digunakan pembobol adalah mengirimkan virus ke komputer, laptop atau smartphone. Dengan melakukan perbaruan secara berkala akan meminimalisasi kemungkinan kejahatan di internet.

Baca juga: Saran Bikin Password yang Nggak Gampang Dibobol

Keempat, waspada phising alert. Kejahatan model ini banyak terjadi di dunia maya dengan mengirimkan email yang terlihat sangat otentik yang kemudian meminta data diri lengkap dengan nomor rekening bank beserta password.

Kelima, gunakan icon kunci. Saat melakukan transaksi online pastikan website yang internet banking memberikan pilihan dengan icon kunci. Icon tersebut menunjukkan website tersebut memberikan keamanan atas data pribadi kamu.*

Catatan redaksi: Artikel ini pernah dimuat majalah TopCareer edisi Agustus 2015, ditulis Yuda Prihantoro.

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply