Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, June 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Jakarta Banjir Lagi, Lalulintas Tersendat Hingga Mall Diserang Warga

Warga marah lempari AEON Mall JGC, Selasa (25/2/2020). (dok. istimewa)

Topcareer.id – Hujan deras yang tak kunjung henti sejak Selasa (25/2/2020) dini hari membuat sejumlah wilayah di Jakarta kembali terendam banjir.

Mengutip akun instagram TMC Polda Metro, banjir terjadi di beberapa titik di Jakarta, seperti di wilayah Semanan, Jakarta Barat, banjir mancapai ketinggian 30 sampai 40 cm.

Sementara itu di Jalan Swadaya, Kelurahan Cempaka Baru, Jakarta Pusat banjir mencapai ketinggian 60 cm. Untuk Jalan Satria Raya, Grogol, Jakarta Barat, kendaraan jenis sedan diimbau tidak melintas karena ketinggian air mencapai 50 cm.

Banjir dengan ketinggian serupa juga terjadi di Jalan Pluit Raya, Jakarta Utara, dan di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Di underpass Kemayoran pun sama sekali tak dapat dilalui karena kolong underpass sepenuhnya tenggelam oleh banjir.

Baca juga: Banjir Jakarta Ganggu Perjalanan KRL Hingga Penutupan Ruas Jalan

Banyak wilayah di Jakarta Pusat mulai lumpuh akibat banjir. Di perempatan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, banjir setinggi 20-30 cm. Hanya lajur paling kanan yang dapat dilintasi.

Kawasan Istana juga tak luput dari banjir. Di Jln. Medan Merdeka Timur arah Monas banjir setinggi 20-30 cm. Sehingga di depan Pertamina lalu lintas tersendat.

Sementara di depan PLN Gambir Jakarta Pusat arah Kedubes AS juga banjir sekitar 15-20 cm, tapi masih dapat dilalui 2 jalur meski mengakibatkan kemacetan.

Mall diserbu warga korban banjir

Di Jalan Industri, Jakarta Pusat, banjir sudah mencapai tinggi 40-60 cm. Lalu lintas pun terpaksa dialihkan.

Pada titik lain Jakarta Pusat banjir juga terjadi di Jalan Pegangsaan Barat, Menteng. Banjir tersebut setinggi hingga 60 cm sehingga tidak bisa dilintasi semua jenis kendaraan bermotor.

Kemudian, banjir juga terjadi di depan BNI Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Bergeser ke arah Jakarta Utara di depan Kodamar Jln. Yos Sudarso, banjir setinggi 40-60 cm juga tidak dapat dilintasi semua jenis kendaraan.

Baca juga: Jakarta Banjir Lagi, 326 Gardu Listrik PLN Tidak Dioperasikan

Banjir setinggi 20 cm juga menggenangi depan Dinas Pendidikan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan dan menyebabkan ketersendatan.

Seperti underpass Kemayoran, kolong jembatan Cakung Cilincing arah JGC -KBN Tanjung Priuk, Jakarta Utara juga terendam banjir namun hanya 50 cm, dan sudah tidak bisa dilalui kendaraan.

Banjir juga menyulut emosi warga yang jadi korban air bah. Di kawasan Cakung, Jakarta Timur, Selasa pagi, sekelompok warga menyerang AEON Mall yang terletak di komplek perumahan Jakarta Garden City. Warga juga diketahui merusak club house di perumahan tersebut.

Warga menuding banjir yang menghantam pemukiman mereka diakibatkan limpahan air dari perumahan Jakarta Garden City. Setelah dilakukan mediasi dan pengamanan pihak kepolisian, warga membubarkan diri dari komplek perumahan dan mall pada Selasa siang. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply