Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kompetensi Dipertanyakan saat Wawancara Kerja? Coba Trik STAR Ini!

Sumber foto: UnsplashSumber foto: Unsplash

Topcareer.id – Seperti kita tahu, interview kerja adalah salah satu cara bagi rekruter untuk mendapat informasi sedalam-dalamnya terkait para pencari kerja. Terutama dalam hal kemampuan kompetensi mereka.

Ada beragam teknik yang dipakai para rekruter untuk mengetahui seberapa pintar para pencari kerja dalam mengambil keputusan penting ketika dipercaya menjabat dalam sebuah posisi.

Dan menariknya, ada trik juga bagi para pencari kerja untuk bisa memberikan jawaban yang diinginkan mereka. Salah satunya dengan teknik STAR (Situation, Task, Action, Result), seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Ya, jika kamu mendapat pertanyaan terkait kompetensi, jawablah berurutan dengan cara ini:

  • Situation. Detail latar belakang situasi. Gambarkan situasi atau masalah yang pernah kamu alami. Di mana kamu bekerja saat itu? Kapan terjadinya?
  • Task. Tugas yang harus kerjakan. Ceritakan pengalaman tugas yang membutuhkan ide kamu untuk menyelesaikannya. Jelaskan apa tujuan dan target dari tugas itu.
  • Action. Mencakup kendala yang harus dihadapi. Kisahkan tindakan apa yang kamu lakukan. Dan bagaimana cara kamu menyelesaikan kendala-kendala yang terjadi.
  • Result. Hasil dari tindakan yang diputuskan. Ceritakan penyelesaian yang kamu ambil. Apa yang kamu hasilkan atas pilihan tindakan tersebut.

Ingat, ketika menyampaikan, hindari sikap terburu-buru. Jelaskan semuanya setenang mungkin sehingga kamu terlihat meyakinkan.

feby@gmail.com'
the authorFeby Ferdian

Leave a Reply