Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Google Gratiskan Fitur Premium Google Hangouts Meet Hingga Juli 2020

CEO Google, Sundar Pichai. (dok. CNBC)

Topcareer.id – Fitur konferensi video Hangouts Meet canggih dari Google saat ini aksesnya bisa digunakan secara gratis untuk semua orang hingga 1 Juli 2020. Alasannya karena banyak sektor bisnis dan sekolah terkena dampak akibat corona virus, COVID-19.

Google mengumumkan berita tersebut pada sebuah posting blog Selasa pagi (3/3), yang mengatakan bahwa, “Karena semakin banyak karyawan, pendidik, dan siswa bekerja dari jarak jauh dalam menanggapi penyebaran COVID-19, kami ingin melakukan bagian kami untuk membantu mereka tetap terhubung dan produktif.”

CEO Google Sundar Pichai mengumumkan pada akun twitter miliknya, “Kami ingin membantu bisnis dan sekolah yang terkena dampak COVID-19 tetap terkoneksi: mulai minggu ini, kami akan menggelar akses gratis ke Hangouts kami yang memenuhi kemampuan konferensi video hingga 1 Juli 2020 ke semua pelanggan G Suite secara global.”

Baca juga: 5 Perusahaan Teknologi Dunia Rugi Rp 6.082 Triliun Karena Corona

Hangouts Meet adalah bagian dari perangkat produktivitas Google G Suite, di samping Google Docs dan Sheets. Ini juga memiliki versi produk yang berfokus pada pendidikan dan versi perusahaan untuk bisnis besar. Perangkat ini merupakan versi premium yang akan dibuat gratis hingga Juli.

Fitur perangkat ini bisa memiliki hingga 250 peserta per panggilan, streaming langsung untuk hingga 100.000 pemirsa dalam suatu domain, dan kemampuan untuk merekam pertemuan serta menyimpannya ke dalam Google Drive.

Hal ini dilakukan saat Zoom, pesaing alat Hangouts Meet Google, menambah batas waktu pada produk gratisnya untuk pengguna di China. CEO Zoom, Eric Yuan, yang tumbuh di Provinsi Shandong, China, menulis dalam sebuah posting blog bahwa ia ingin membantu mereka yang sangat terpengaruh oleh virus karena terus mengganggu urusan sehari-hari, dari kantor hingga sekolah.

Ketika kekhawatiran tentang penyebaran virus corona terus meningkat, banyak pekerja bekerja dari rumah dan sekolah-sekolah ditutup, para guru berjuang untuk membuat para siswa tetap up to date. Google mengatakan mereka menemukan siswa dan guru di Hong Kong serta Vietnam menggunakan Hangouts Meet karena sekolah ditutup.

Menurut CNBC, Zoom dilaporkan telah melihat peningkatan besar dalam penggunaannya sejak penyebaran corona dimulai. Pengguna aktif baru Zoom tahun ini meningkat daripada tahun lalu karena corona. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply