Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, January 20, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Minuman Rempah Khas Indonesia untuk Kekebalan Tubuh

dok. BBCgoodfood

Topcareer.id – Di tengah pandemi virus corona, ada banyak cara bagi kita untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi rempah tradisional yang kaya khasiat.

Rempah-rempah khas Indonesia tak hanya berguna sebagai bumbu masak. Namun juga bisa dijadikan minuman yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut ini rempah khas Indonesia yang bisa diandalkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kayu manis (Cinnamon)
Kayu manis mengandung bahan aktif yang dikenal dengan sebutan cinnamaldehyde. Zat ini membantu mengontrol gula darah, menurunkan resiko diabetes hingga berpotensi mencegah perkembangan sel kanker. Kandungan anti infeksi alami di dalam kayu manis juga membantu menghilangkan bakteri H. Pylori dalam tubuh. Kayu manis kerap dijadikan minuman tradisional yang dipadu dengan madu.

Kunyit (Saffron)
Bahan utama dalam kunyit dikenal dengan sebutan curcumin yang sudah terbukti klinis bisa mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Antioksidan yang tinggi pada kunyit membantu mengatasi berbagai masalah pada organ tubuh. Kunyit melindungi tubuh dari serangan kanker, alzheimer, parkinson, jantung, stroke, diabetes, penyakit mata, depresi, masalah kulit, dll. Kunyit biasanya dijadikan minuman tradisional seperti kunyit asam.

Jahe (Ginger)
Pedas, panas, namun segar. Jahe mampu menjaga kesehatan tubuh dan sistem pencernaan. Khasiat kompleks jahe bahkan bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi minuman tradisonal jahe panas sangat membantu ketika tubuh merasa demam dan flu. Jahe juga bekerja aktif dalam proses detoksifikasi. Tubuh yang bersih dari racun dan radikal bebas akan lebih kuat menghadapi berbagai virus dan bakteri.

Serai (Lemongrass)
Kandungan antioksidan dalam serai bisa melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa antioksidan dalam serai seperti klorogenat, isoorientin dan swertiajaponin ampuh melawan radikal bebas yang berpotensi menjadi racun dalam tubuh. Serai memiliki rasa dan aroma yang segar. Serai juga bisa dijadikan bahan untuk membuat minuman modern seperti infused water atau campuran untuk wedang jahe.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply