Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Sunday, September 8, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Tips Bill Gates Atasi Corona: Tes Massal dan Lockdown

Dok. CNBC

Topcareer.id – Indonesia yang kini sudah memiliki ratusan kasus dengan tingkat fatalitas kematian tinggi, tak memutuskan untuk melakukan lockdown. Padahal kata Co-Founder Microsoft, Bill Gates, negara akan pulih setelah beberapa minggu setelah lockdown.

Bill Gates pada Rabu (18/3/2020) mendesak orang untuk tetap tenang dalam menghadapi pandemi virus corona. Dalam sesi Tanya Apa Pun di forum diskusi Reddit, Gates ditanya tentang berapa lama “hal ini” akan bertahan.

“Jika suatu negara melakukan pekerjaan dengan baik dengan pengujian (tes massal) dan lockdown maka dalam 6-10 minggu mereka akan melihat sangat sedikit kasus dan dapat membuka kembali (negaranya),” jawabnya, seperti dilansir dari CNBC.

Baca juga: Alat Rapid Test Virus Corona Tiba di Indonesia, Tes Massal Segera Dilakukan

Gates telah berfokus pada dunia kesehatan selama bertahun-tahun sebagai bagian dari pekerjaannya di Yayasan nirlaba Bill dan Melinda Gates. Pada Reddit, Gates menjelaskan tentang apa artinya lockdown. Menurutnya, fase saat ini memiliki banyak kasus di negara-negara kaya.

“Dengan tindakan yang tepat termasuk pengujian dan social distancing (yang saya sebut ‘lockdown’) dalam 2-3 bulan, negara-negara kaya seharusnya menghindari infeksi tingkat tinggi,” tulis Gates.

“Saya khawatir tentang semua kerusakan ekonomi tetapi yang lebih buruk adalah bagaimana ini akan mempengaruhi negara-negara berkembang yang tidak dapat melakukan social distancing dengan cara yang sama seperti negara-negara kaya dan yang kapasitas rumah sakitnya jauh lebih rendah.”

Dia mengatakan orang-orang harus tetap tenang meskipun dalam keadaan demikian. Gates telah menjawab pertanyaan orang dalam Reddit beberapa kali sebelumnya.

Tahun lalu, setelah seseorang memintanya untuk mengidentifikasi ancaman utama kemanusiaan, ia menunjuk pada insiden besar yang tidak mungkin terjadi, termasuk pandemi.

“Ini adalah peringatan 100 tahun flu Spanyol dan jika kembali, jumlah perjalanan akan membuatnya menyebar lebih cepat daripada yang terjadi terakhir kali,” tulisnya.

Dalam beberapa minggu terakhir orang-orang telah menemukan kembali “TED Talk” di mana Gates berbicara tentang bagaimana dunia dapat berbuat lebih banyak untuk bersiap menghadapi wabah.

“Kita perlu memiliki kemampuan untuk meningkatkan diagnosa, obat-obatan dan vaksin dengan sangat cepat. Teknologi ada untuk melakukan ini dengan baik jika investasi yang tepat dilakukan. Negara-negara dapat bekerja sama dalam hal ini.” *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply