Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, June 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Cara Hindari Virus Corona saat Berbelanja Di Pasar

Sumber foto: kendaripos.com

Topcareer.id – Tak bisa dipungkiri, orang Indonesia memang lebih senang berbelanja bahan-bahan makanan di pasar tradisional ketimbang di swalayan ataupun hypermarket.

Namun, penyebaran Covid-19 di Indonesia membuat sejumlah masyarakat takut untuk keluar rumah meskipun stok makanan sudah menipis.

Terkait hal ini, World Health Organization (WHO) dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) memberikan tips aman bagi kamu yang suka melancong ke pasar basah atau pasar yang menjual hewan-hewan hidup.

Cek tips-tipsnya berikut ini:

Buat daftar
Sebelum berbelanja, sebaiknya kamu memeriksa dulu persediadaan yang masih ada atau kosong di dapur atau lemari penyimpanan kamu. Jika sudah, buatlah list apa saja yang akan dibeli berikut jumlah yang dibutuhkan. Selain akan mencegahmu berputar-putar terlalu lama di pasar, cara ini juga menghindarkan kamu dari panic buying.

Pakai sarung tangan dan masker
Untuk meminimalisir dari paparan virus corona, pastikan kamu memakai baju lengan panjang, jaket dan masker. Sebagai tambahan, kamu bisa menggunakan sarung tangan saat mengambil produk dan bertransaksi selagi berbelanja.

Hindari memegang binatang
Saat di pasar, biasanya ibu-ibu spontan memegang binatang mati maupun hidup yang akan dibeli. Namun hal itu harus dihindari! Jika kamu bertemu dengan hewan liar, usahakan untuk menghindar atau tidak menyentuhnya. Jika terpegang, segeralah mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Hindari pegang wajah
Ketika kamu keluar rumah, sudah pasti banyak kuman, bakteri atau virus yang menempel di tangan dan tubuh kamu. Jadi jangan sekali-kali kamu menyentuh area wajah terutama mata, hidung, dan mulut kamu dengan tangan ataupun baju yang kamu pakai. Kamu baru boleh memyentuh wajah kamu ketika kamu sudah sampai di rumah dan membersihkan diri dengan sabun.

Sterilisasi belanjaan
Jika sampai di rumah, sebaiknya pindahkan semua belanjaan ke wadah dan sterilkan dengan dicuci menggunakan air mengalir. Jangan lupa juga untuk membuang plastik belanjaan ke tempat sampah.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply