Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, May 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Usir Virus Corona yang Menempel di Sepatu

Sumber foto: Shoezone

Topcareer.id – Meski harus tetap waspada, kamu tak perlu menjadi germophobe (orang fobia kuman) selama krisis virus corona, terutama ketika menyangkut barang-barang pribadi seperti sepatu.

Spesialis penyakit menular mengatakan bahwa virus corona penyebab Covid-19 mungkin dapat hidup di alas kaki selama beberapa hari.

Namun tenang, seperti dikutip dari footwearnews.com, Kamis (2/4/2020), berikut tips mudah untuk membersihkannya.

Perbedaan sanitasi dan desinfeksi

Penting untuk dicatat, ada perbedaan antara sanitasi dan desinfeksi. Istilah ini pengartiannya sering terbalik. Sanitasi mengurangi, tetapi tidak membunuh bakteri dan virus pada permukaan.

Sedangkan disinfektan bisa membunuh virus, biasanya dilakukan dengan bantuan pembersih atau bahan kimia yang sesuai.

Saat kamu membeli produk, periksa apakah bahan-bahannya ada dalam daftar disinfektan Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) untuk digunakan melawan virus corona.

Cara membersihkan sepatu sesuai dengan jenisnya.

Sepatu kain
Sepatu yang terbuat dari kain seperti jaring atau kanvas dapat dibersihkan di mesin cuci. Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) merekomendasikan untuk mencuci kain pada suhu tinggi (60° Celsius), dengan produk yang mengandung pemutih, untuk meningkatkan hasil disinfektan.

Pertimbangkan pemutih yang aman untuk warna sepatu kamu. Daripada menggunakan natrium hipoklorit, kamu bisa menggunakan pembersih yang mengandung hidrogen peroksida. Bahan ini lebih agresif menghapus noda, tidak memudarkan warna, serta terdaftar di EPA untuk digunakan melawan virus corona.

Selain pemutih, cuka juga bisa digunakan sebagai alternatif yang lebih lembut. Meski ini bukan desinfektan rumah tangga terdaftar EPA, namun bahan utamanya, yakni asam asetat, telah terbukti membunuh beberapa jenis kuman dan virus.

Sepatu Kulit
Bersihkan sepatu kulit dengan sabun, air dan alkohol untuk menghilangkan kotoran. Gunakan kain bersih untuk menggosokkannya ke bagian atas sepatu.

Bersihkan semua serpihan pada sol sepatu dengan sikat gigi atau sikat pembersih sepatu. Setelah sepatu dikeringkan, gunakan leather conditioner untuk hasil terbaik pada sepatu kulit.

Mengeringkan sepatu

Saat mengeringkan, ketahuilah bahwa sebagian besar sepatu, lemnya dapat rusak selama siklus pencucian dan pengeringan. Karena itu, selalu keringkan dengan udara. Untuk hasil terbaik, gunakan ganjalan sepatu untuk membantu menjaga bentuknya saat mengeringkannya.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply