TopCareerID

6 Tantangan Karier di tengah Pandemi Covid-19

Ilustrasi. Sumber foto: Computercareers

Ilustrasi. Sumber foto: Computercareers

Topcareer.id – Ya, bagi pekerja atau pengusaha, pandemi virus corona berat sekali untuk dilalui. Hal ini menjadi tantangan terbesar dalam menapaki karier atau pekerjaan, apapun itu.

May Busch, pelatih eksekutif, dalam laman website-nya, merilis enam tantangan karier utama yang dihadapi di kondisi ini.

1. Menjaga semangat

Orang-orang merasa sulit untuk tetap positif dengan ketidakpastian yang ada di depan. Bahkan mereka yang biasanya positif pun menerima hal-hal negatif dari berita dan ketakutan orang-orang di sekitar mereka.

Apa yang dapat kamu lakukan: Jauh lebih mudah untuk merasa positif ketika kamu sudah cukup tidur, air, makanan bergizi, dan berolahraga. Jadi, ini adalah waktu yang tepat untuk memprioritaskan perawatan diri.

2. Mencari pekerjaan

Ketidakpastian ekonomi membuat banyak organisasi menunda rencana perekrutan, mengurangi pekerjaan yang mereka berikan, atau melakukan PHK. Tekanan finansial yang terjadi pada para pencari nafkah dan keluarga mereka merupakan tantangan besar yang tidak ada jawaban mudahnya.

Apa yang dapat kamu lakukan: Di sisi keuangan, ini adalah saat yang tepat untuk berhitung sehingga kamu tahu berapa biaya hidup setiap bulan dan bagaimana hal itu bisa seimbang. Di sisi pencarian pekerjaan, ini adalah waktu untuk tetap terhubung dengan jaringan dan memperluasnya.

3. Produktif

Bekerja dari rumah akan mendapat banyak gangguan, entah itu berita, pemberitahuan media sosial, anggota keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama, atau anak-anak yang sedang di rumah. Tidak semua orang memiliki pengaturan “kantor rumah” yang membuatnya mudah berkonsentrasi.

Apa yang dapat kamu lakukan: Beri dirimu izin untuk mengubah rutinitas kerja agar lebih sesuai dengan situasi saat ini. Misalnya, jika kamu biasa meninggalkan rumah sebelum orang lain bangun, tetapi sekarang kamu bertugas untuk sarapan bersama anak-anak, maka kamu perlu melakukan pengaturan ulang.

4. Menyesuaikan rapat online (dan semua hal virtual)

Melakukan pertemuan, melakukan bisnis, dan membangun jaringan hubungan online merupakan hal yang menantang. Terutama ketika kamu terbiasa melakukan sesuatu sendiri. Ini bukan hanya teknologinya, tetapi juga mempelajari “norma” baru untuk kapan dan bagaimana berkomunikasi.

Apa yang dapat kamu lakukan: Pertama, pastikan kamu tetap terhubung dengan orang lain secara virtual. Itu berarti berteman dengan sistem konferensi video. Ini benar-benar jendelamu di dunia ketika berbicara tentang komunikasi dengan tim, kolega, bos, dan klien. Jika teknologi itu baru bagimu, mintalah seseorang untuk membantu.

5. Memotivasi anggota tim

Bagi para pemimpin dan manajer, adalah sebuah tantangan untuk memotivasi anggota tim dan mendukung mereka, terutama jika kerja virtual terus berlanjut.

Apa yang dapat kamu lakukan: Dalam waktu yang tidak pasti, timmu perlu mendengar kabar darimu, bahkan jika kamu tidak memiliki semua jawaban. Pastikan kamu terlihat dan tersedia untuk mereka. Ini adalah saat-saat di mana orang membutuhkan kepemimpinan lebih dari sebelumnya.

6. Mempersiapkan kemajuan

Bagi sebagian orang, krisis Covid-19 membatasi pilihan untuk mengambil proyek baru. Bagi yang lain, ini adalah periode “downtime” yang dapat mereka manfaatkan untuk mempersiapkan kemajuan, tetapi mereka tidak yakin bagaimana caranya.

Apa yang dapat kamu lakukan: Kenalilah ini sebagai peluang emas untuk menjadi kreatif tentang menunjukkan kepemimpinan, berinvestasi dalam diri sendiri, dan memperkaya hidup dan kariermu.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version