Topcareer.id – Bekerja di rumah bisa dilakukan di mana saja, entah di atas kasur atau sofa ruang keluarga. Tapi baiknya sih ada meja di rumah yang dikhususkan untuk tempat bekerja. Hal ini dipercaya bakal meningkatkan produktivitas selayaknya di kantor serta menjadi pemisah antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan.
Meja kerja di era pendemi ini harusnya menjadi hal yang bekerja secara optimal. Apalagi begitu banyak dari kita yang melewati beban kerja harian. Dengan sedikit usaha dan beberapa hacks, dimungkinkan untuk mengubah meja kerja menjadi pusat produksi yang dijanjikan.
Dikutip dari laman The Business Backer, berikut kumpulan hack atau ide meja kerja yang bisa tingkatkan produktivitas saat kerja dari rumah.
Baca juga: Atur Meja Di Rumah Ideal Untuk Kerja, Versi Pakar Ergonomi
1. Letakkan tanaman
Penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan Amerika, menyarankan paparan tanaman hijau bisa memberimu produktivitas. Coba dengan tanaman udara atau sukulen karena mereka tidak membutuhkan banyak perawatan.
2. Beli SAD light
Penelitian dari Nothwestern University, menemukan bahwa pekerja kantor dengan pencahayaan yang baik lebih memiliki kewaspadaan dan fokus. Terapi pencahayaan atau SAD light paling efektif saat ini. Mulai dengan nyalakan 30 menit pertama dalam sehari.
3. Gunakan minyak pepermin
Menggunakan wewangian atau minyak esensial bisa menstimulasi otak dan membuatmu lebih produktif. Sementara pepermin, bisa meningkatkan kinerja kognitif. Coba gunakan sedikit di pakaianmu dan di belakang lehermu.
4. Permen karet
Penelitian yang dipublikasikan oleh British Journal Psychology menemukan bahwa mengunyah permen karet bisa meningkatkan konsentrasi. Sediakan sepaket permen karet rasa pepermin di mejamu, yang paling baik yang tidak ada kandungan gula.
5. Gunakan keyboard gaming
Keyboard gaming menawarkan lebih banyak pilihan dan kemungkinan shortcuts (jalan pintas). Menggunakan shortcuts tentu bisa membuat kerjamu lebih efektif dan memotong waktu. Coba personalisasi keyboardmu dengan tombol cepat yang kamu inginkan, itu akan lebih cepat untuk diingat.
Cari tahu lebih jauh di halaman berikutnya>>
6. Letakkan stopwatch
Penelitian yang dipimpin oleh Cornell University menemukan bahwa pekerja yang menggunakan pengingat untuk istirahat biasanya lebih produktif. Letakkan sropwatch di meja kerjamu, atur waktu mundur hingga jam istirahat yang kamu rencanakan.
7. Miliki mainan pengenyah stres
Penelitian yang dipimpin oleh New York University’s Tandon School Engineering menemukan bahwa mainan terapi adalah “fidget widget” dalam memperbaiki fokus dan mendorong produktivitas. Coba miliki beberapa “stress ball” yang berbeda-beda di mejamu.
Baca juga: Lima Macam Gangguan Saat Kerja dari Rumah
8. Taruh wadah surat
Meja yang berantakan dan tidak terorganisasi dengan baik, bisa memperlambat cara kerjamu, bahkan berpotensi mengirim surat yang salah ke rekan kerja. Jadi, coba taruh wadah dokumen yang mudah kamu raih.
9. Gunakan headphone penunda kebisingan
Studi dari Cornell University menunjukkan kebisingan berkepanjangan bisa berdampak serius pada kesehatan para pekerja. Coba gunakan headphone jenis ini jika kantor tampak sangat sibuk. Ini bisa memblokir kebisingan yang tak diinginkan meskipun kamu nggak mendengarkan musik.
10. Selimut
Studi ergonomic dari Cornell University menemukan bahwa suhu hangat di kantor, terbukti membuat pekerja lebih akurat dan efisien. Jadi sediakan selimut atau scarf di meja kerja agar bisa produktif seharian. *
Editor: Ade Irwansyah