Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Sekolah

Saran Bill Gates untuk Siswa Agar Tetap Produktif Meski Belajar di Rumah

Sumber foto: TIME

Topcareer.id – Hampir setiap siswa sekolah saat ini belajar di rumah demi mencegah penularan virus corona. Bill Gates yang tampil sebagai bintang tamu dalam Code Break, kelas interaktif langsung terbesar di dunia, memberikan saran bagi para pelajar untuk produktif saat pandemi.

Gates menggambarkan virus corona sebagai “perang” bagi umat manusia dalam melawan musuh bersama dan bagaimana hal itu memicu kolaborasi internasional dan menciptakan tujuan bersama bagi umat manusia untuk diupayakan.

Tetapi bagi keluarga dan siswa di seluruh dunia, perubahan dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang sulit, terutama ketika harus mengikuti pekerjaan sekolah.

Baca juga: Tips Bill Gates Atasi Corona: Tes Massal dan Lockdown

“Dibutuhkan sedikit lebih banyak disiplin untuk belajar dari rumah,” Gates memberi tahu para siswa saat panggilan berlangsung selama sesi tanya jawab di kelas. “Jika kamu bingung, itu agak sulit untuk dijangkau,” ucap dia, dikutip dari Business Insider.

Tetapi satu cara Gates mendorong siswa untuk beradaptasi dengan bentuk baru pembelajaran di rumah adalah dengan mengikuti rutinitas sehari-hari, khususnya bagi siswa yang harus berbagi komputer dengan anggota keluarga di rumah.

“Saya memang berpikir bahwa memiliki pola normal baru dan berusaha setiap hari untuk tetap pada rutinitas itu, cukup membantu. Disiplinkan itu cukup penting,” kata Gates.

Gates juga mendesak siswa untuk menggunakan sumber daya yang tersedia untuk membantu belajar dengan kecepatan mereka sendiri, apakah itu kursus online seperti Khan Academy atau menelepon teman yang mengerti materi dengan lebih baik.

Baca juga: Fakta Menarik Bill Gates yang Belum Kamu Tahu

Menurut Gates, berbagi pemahaman dengan siswa lain merupakan hal penting. Dia juga mengatakan kepada siswa untuk menghabiskan waktu di luar jika mereka bisa.

“Kamu masih harus keluar sedikit jika kamu diizinkan agar lebih segar sehingga kamu tidak membebani diri sendiri,” kata Gates kepada seorang siswa.

Meskipun banyak kesulitan yang ditimbulkan oleh virus corona, Gates mengatakan dia optimis tentang persatuan global yang bisa datang dari pertempuran melawan virus corona.

“Kami telah melihat kolaborasi internasional yang hebat. Ada kemenangan besar yang akan datang ke sini berdasarkan para ilmuwan dunia yang bekerja bersama,” kata Gates tentang respons dunia terhadap pandemi. *

Editor: Ade Irwansyah

Tinggalkan Balasan