Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Belajar Bahasa Asing, dari Mudah sampai Paling Sulit (Bagian 1)

Sumber foto: Leadership Development

Topcareer.id – Meski bahasa Inggris adalah bahasa universal, akan lebih baik jika kamu bisa bicara bahasa negara lain, itu akan sangat membantu ketika traveling atau bahkan bekerja di luar negeri. Bagi native speaker English saja, ada bahasa-bahasa yang susah dipelajari.

Apa saja? Berikut beberapa tingkatan bahasa dari yang mudah hingga yang susah dipelajari oleh penutur asli bahasa Inggris, menurut Lembaga Layanan Asing Amerika Serikat, dikutip dari CNN.

9. Paling mudah (sekitar 600 jam belajar)

Seiring dengan Belanda dan Norwegia, bahasa Latin yang populer – Italia, Prancis, Spanyol dan Portugis – memerlukan sekitar 600 jam belajar untuk mencapai kemahiran profesional umum dalam berbicara dan membaca.

Dari jumlah tersebut, bahasa Spanyol dan Italia adalah yang paling mudah dipelajari oleh penutur asli bahasa Inggris, diikuti oleh bahasa Portugis dan bahasa Prancis. Meskipun bahasa Prancis dan Italia cukup terstandarisasi, kamu harus memilih apakah akan belajar bahasa Spanyol Amerika Latin atau “castellano,” yang digunakan di Spanyol; mereka berbeda seperti Inggris AS dan Inggris British.

8. Jerman (750 jam)

“Salah satu guru bahasa Jerman saya biasa bercanda bahwa kamu perlu waktu satu tahun untuk mengatakan, ‘Saya bepergian dengan bus,’ tetapi begitu kamu naik bus, maka akan jadi proses yang benar-benar mudah,” kata penulis di bidang travel, John Malathronas.

Dengan kata benda yang maskulin, feminin dan netral, kata kerja yang sangat konjugat dan sintaksis yang sangat ketat, Jerman mungkin tampak sulit untuk memulai. Di sisi lain, pelafalan dan pengejaannya sangat mudah, sehingga kamu hanya butuh sekali mempelajari aturannya (yang banyak), itu saja.

7. Bahasa Melayu dan Bahasa Swahili (900 jam)

Bahasa Melayu adalah lingua franca dari beberapa negara Asia Tenggara dan telah disederhanakan dengan penggunaannya sebagai bahasa kedua oleh penutur asing. Misalnya, jamak Melayu dibentuk dengan mengulang kata dua kali. Dalam bahasa Inggris, book itu artinya buku saja, sementara books itu artinya jadi buku-buku.

Demikian pula, Swahili berevolusi sebagai bahasa perdagangan di Afrika Timur dan digambarkan memiliki kosakata Arab berdasarkan tata bahasa Afrika.

6. Hongaria (1.100 jam)

Jika kamu menyukai tantangan, cobalah bahasa Hongaria. Ini tidak seperti bahasa Eropa lain yang pernah kamu dengar, kecuali mungkin bahasa Basque.

“Kamu menunjukkan kepemilikan (kebun saya, kebunmu, kebunnya dan sebagainya) dengan menempatkan ujung kata kerja ke kata benda kebun.

5. Yunani (1.100 jam)

Bahasa Yunani modern mungkin adalah bahasa yang paling mudah dipelajari, yang menggunakan alfabet berbeda. Karena, ya, bahasa Yunani juga merupakan bahasa yang menyumbangkan banyak kata ke bahasa Inggris.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply