Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juni 15, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Mengintip Gagasan Bill Gates tentang Toilet Masa Depan

Sumber foto: indiatimes.com

Topcareer.id – Pendiri Microsoft Bill Gates, pernah meluncurkan toilet futuristik yang tidak membutuhkan air.

Sebagai gantinya, toilet ini menggunakan bahan kimia yang mampu mengubah limbah manusia menjadi pupuk.

Ini adalah gagasan proyek penelitian yang didanai oleh Bill and Melinda Gates Foundation, organisasi filantropi swasta terbesar di dunia.

“Toilet saat ini hanya mengirim sampah ke dalam air, sedangkan toilet ini tidak memiliki saluran pembuangan,” kata Gates. “Mereka mengambil (dan memisahkan) cairan dan padatan, lalu melakukan pekerjaan kimia pada mereka, termasuk membakarnya.”

Yayasan Bill And Melinda Gates telah menggelontorkan dana sekitar USD 200 juta untuk proyek toilet ini.

Mereka juga siap menghabiskan jumlah yang sama besarnya, sebelum toilet tersebut layak untuk didistribusikan secara luas.

Dalam salah satu pidatonya di sebuah acara di Beijing, Gates sempat mengangkat toples berisi kotoran manusia untuk mengilustrasikan pentingnya meningkatkan sanitasi.

“Ini adalah pengingat yang baik bahwa dalam toples ini mungkin ada 200 triliun sel rotavirus, 20 miliar bakteri Shigella, dan 100.000 telur cacing parasit,” katanya.

Gates mengatakan, langkah selanjutnya untuk proyek ini adalah mengajukan konsep kepada produsen. Ia mengharapkan pasar untuk toilet ini lebih dari US $ 6 miliar pada tahun 2030.

Dalam gagasannya, toilet ini akan terlebih dahulu dipasang di tempat-tempat seperti rumah sakit, sekolah, dan kompleks apartemen, sebelum akhirnya biaya turun dan harganya jadi cukup murah bagi masyarakat untuk menginstallnya di rumah masing-masing.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan