TopCareerID

Makna Dibalik Warna Sebuah Logo Brand Ternama

(foto: canva.com)

Topcareer.id – Warna dari logo brand merupakan salah satu elemen desain terpenting, karena itu adalah representasi visual perusahaan dan nilai-nilainya. Ada banyak keputusan yang harus diambil saat membuatnya, dan salah satu yang terbesar adalah warna.

Ini mungkin tampaknya menjadi elemen yang sepele, tetapi warna utama dari masing-masing logo brand terkenal memiliki dampak serius pada bagaimana orang melihatnya.

Penelitian menunjukkan bahwa orang membuat penilaian bawah sadar tentang seseorang, lingkungan, atau produk dalam waktu 90 detik dari tampilan awal. Antara 62% dan 90% penilaian itu hanya berdasarkan warna.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh Logo Sebuah Brand, Ini Alasannya

Dikutip dari webfx.com, Senin (4/5/2020) Berikut ini makna beragam warna yang digunakan oleh logo brand ternama di dunia.

Merah – Kuat dan Bergairah: Percaya Diri – Energi – Intensitas

Warna merah menarik perhatian dan membangkitkan emosi yang kuat dari orang yang melihatnya. Secara universal dipandang sebagai perwakilan dari romansa. Ini juga menyebabkan peningkatan denyut jantung dan nafsu makan, serta rasa urgensi. Logo merah menunjukkan kuat dan berenergi tinggi suatu brand. Jika perusahaan berupa restoran, merah adalah pilihan bijak.

Warna merah Telah terbukti meningkatkan nafsu makan. Kemampuannya untuk meningkatkan detak jantung juga baik untuk brand yang berusaha menciptakan urgensi untuk barang-barang yang biasanya dibeli secara impulsif. Contoh brand terkenal yang menggunakan warna merah: Majalah TIME, Pinterest, Lego, Netflix, Kellogg’s cereal, KMart, Coca Cola, McDonald’s.

Oranye – Playful dan Antusias: Kegembiraan – Kehangatan – Kreativitas

Warna ini bisa mengaktifkan aktivitas otak dan agresif karena sifatnya yang eye-catching. Kombinasi keramahan dan stimulasi mental ini membuatnya hebat untuk menginspirasi konsumen untuk mengambil tindakan.

Logo berwarna oranye akan mengirim pesan bahwa perusahaan ramah dan ceria. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk brand yang ingin dilihat sebagai orang yang berhati ringan dan tidak terlalu serius, namun tetap percaya diri. Contoh brand terkenal yang menggunakan warna oranye: Amazon, Minuman soda Crush Orange, Fanta, Gulf Oil, Nickelodeon, toko sepatu Payless, Timberland, Harley Davidson, Mozilla Firefox.

Kuning – Menyenangkan dan Ramah: Kebahagiaan – Optimisme – Perhatian

Kuning juga dilihat sebagai warna ceria nan hangat, yang mendorong komunikasi. Pada sisi negatifnya, kuning juga terkadang dikaitkan dengan kehati-hatian, seperti pada rambu-rambu jalan dan lampu lalu lintas. Ini juga dapat menyebabkan ketegangan mata.

Logo berwarna kuning menunjukkan bahwa perusahaan positif dan ramah. Ini dapat digunakan untuk menarik perhatian pembeli dan menyampaikan rasa kebahagiaan. Contoh brand terkenal yang menggunakan warna kuning: Nikon, Post-it, Hertz, Caterpilar, Forever 21.

Hijau – Awet Muda dan Ramah Bumi: Kesehatan – Ketenangan – Kesegaran

Hijau mewakili pertumbuhan, dan membangkitkan perasaan rileks dan penyembuhan. Ini adalah warna vegetasi yang sehat, sehingga mengingatkan yang melihatnya tentang alam dan kesehatan. Warna ini juga terkait dengan uang dan kekayaan.

Baca Juga: Singapura Wajibkan Kemasan Rokok 75% Berisi Peringatan Kesehatan

Logo berwarna hijau menyampaikan pesan bahwa perusahaan ramah lingkungan. Ini juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk perusahaan keuangan, karena mengingatkan konsumen akan uang. Contoh brand terkebak yang menggunakan warna hijau: Starbucks, Android, Spotify, Animal Planet.

Biru – Tenang dan Logis: Ketenangan – Stabilitas – Kedamaian

Biru dikaitkan dengan langit dan lautan, yang keduanya membangkitkan perasaan ketenangan dan keamanan. Juga telah terbukti bahwa orang-orang paling produktif ketika mereka bekerja di ruangan berwarna biru. Biru juga dikenal untuk mengekang nafsu makan.

Logo berwarna biru menunjukkan bahwa brand profesional dan logis, tetapi tidak invasif. Itu dapat menciptakan rasa aman dan kepercayaan pada perusahaan. Dan mungkin tidak ideal jika perusahaan bergerak dibidang restoran atau jenis bisnis yang menjual makanan. Contoh brand terkenal yang menggunakan warna biru: Twitter, Facebook, American Express, Ford, Oral-B, Dell, GE.

Ungu – Mewah dan Bijaksana: Royalti – Kekayaan – Sukses

Sebagai warna klasik bangsawan dan raja, tidak mengherankan jika ungu umumnya dikaitkan dengan kekayaan dan kemewahan. Ia juga mewakili fantasi, misteri, dan sihir, dan dapat membangkitkan perasaan kebijaksanaan dan imajinasi.

Baca Juga: Terbanyak Ketiga Di Asia: Kasus Corona Singapura Lebih Banyak Diidap Pekerja Migran

Logo berwarna ungu menunjukkan bahwa brand mewah dan imajinatif. Contoh brand terkenal yang menggunakan warna ungu: Cadbury, Hallmark, Syfy, FedEx, Welch’s, Wonka, Monster.com.

Pink – Feminin dan Manis: Kehangatan – Energi

Warna pink dikaitkan dengan feminitas, dan umumnya digunakan dalam logo untuk brand yang ditargetkan untuk wanita. Hal ini juga dikaitkan dengan rasa manis.

Pink juga dipandang sebagai warna “menyenangkan” dan dapat membangkitkan rasa ingin bermain. Contoh brand terkenal yang menggunakan warna pink: Baskin & Robins, Barbie, Justice, Taco bell, T-Mobile, Dunkin’ Donuts, LG, Pink Victoria Secret.

Hitam – Serius dan Canggih: Keanggunan – Keseriusan – Eksklusivitas

Dipandang sebagai warna serius, tanpa embel-embel, dan dapat membangkitkan perasaan modern. Meskipun mungkin terlihat polos, itu sering digunakan untuk produk-produk mewah karena rasa keanggunan dan glamornya.

Hitam juga dapat menunjukkan kepada konsumen bahwa brand cukup misterius dan eksklusif. Contoh brand terkenal yang menggunakan warna hitam: BBC, The New York Times, Blackberry, Channel, Prada, Michael Kors, Tiffany & Co, Gucci.* (RW)

Exit mobile version