Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, May 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Memotivasi Diri di Tengah Kesulitan

Sumber foto: positivepsychology.com

Topcareer.id – Banyak orang menemukan dirinya dalam kemerosotan motivasi. Apalagi di tengah masa krisis seperti sekarang akibat pandemi virus corona.

Tidak ada yang lebih kuat untuk memotivasi diri selain sikap yang benar. Kamu tidak bisa memilih atau mengendalikan keadaan, tetapi kamu bisa memilih sikap terhadap keadaanmu.

Dikutip dari lifehack.org, Selasa (12/5/2020), cara yang baik untuk memiliki motivasi diri secara terus-menerus adalah dengan menerapkan hal-hal berikut ini.

Kelilingi diri dengan motivator
Pertahankan motivator agar tetap berada di sekitarmu, kamu bisa gunakan buku motivasi atau video motivasi. Para motivator ini akan menjadi pemicu yang mengingatkan kamu untuk maju.

Pertahankan hubungan baik
Buat pertemuan yang lebih teratur dengan orang-orang yang positif dan termotivasi. Ini bisa sesederhana melakukan obrolan melalui video call dengan teman sebaya atau diskusi singkat dengan teman yang suka berbagi ide. Orang positif akan membantumu tumbuh dan melihat peluang selama masa-masa sulit.

Terus belajar
Semakin banyak kamu belajar, semakin kamu menjadi percaya diri dalam memulai pekerjaan apapun. Latih otak agar lebih tajam sehingga kamu bisa mendapat banyak pelajaran hidup.

Lihat kebaikan dalam keburukan
Saat menghadapi rintangan atau tujuan yang menantang dan sulit, cobalah cari sisi lain dari kesulitannya, pasti akan ada hal baik yang bisa kamu temui dan menjadi motivasimu untuk mengatasinya.

Berhenti berpikir terlalu banyak
Kerjakan saja. Ketika kamu terlalu banyak memikirkan dan mengkhawatirkan sesuatu, kamu hanya bisa berhenti dan membuang-buang waktu. Cobalah hilangkan rasa khawatir dan ganti dengan memikirkan hal baik apa yang akan kamu dapatkan, ketika kamu terus melaju.

Kenali diri sendiri
Catat kapan diri kamu menyebalkan dan kapan kamu merasa seperti seorang superstar. Ada pola yang akan kamu sadari. Dari hal tersbut, kamu bisa kembangkan untuk tetap termotivasi.

Lacak kemajuan kamu
Simpan penghitungan tentang kemajuan dirimu dalam melakukan sesuatu. Ketika kamu melihat sesuatu yang baik tumbuh pada dirimu, kamu akan selalu ingin memeliharanya.

Bantu orang lain
Terakhir, saat kamu sudah mulai terbiasa memotivasi diri, bagikanlah ide-ide kamu dan bantu teman-temanmu agar termotivasi juga. Melihat orang lain melakukannya akan memotivasi kamu untuk terus melakukan hal yang sama juga. Membantu orang lain sebenarnya membantu dirimu sendiri.

Setelah kamu mencapai tahap di mana kamu bisa secara teratur membantu orang lain tetap termotivasi, baik itu melalui blog atau berbicara langsung dengan mereka, kamu akan menemukan siklus yang berkelanjutan di mana setiap aspek pada dirimu akan tetap termotivasi.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply