TopCareerID

Hindari 6 Kesalahan Ini Saat WFH untuk Raih Kinerja Optimal

Dok. DollarSprout

Topcareer.id – Karena pandemi virus corona, sistem working from home (WFH) menjadi semakin tak terelakkan bagi banyak perusahaan. Bagi sejumlah karyawan, pengalaman itu tidak hanya baru, tetapi juga menakutkan.

Fleksibilitas tertinggi dan otonomi yang tak terbantahkan. Dibutuhkan latihan dan membutuhkan banyak kesadaran diri, disiplin, dan fokus seperti laser.

Dikutip dari laman CNBC, hindari enam kesalahan ini ketika bekerja dari rumah agar kamu tetap bisa mencapai tujuan.

Baca juga: Aturan Komunikasi Mendesak Saat Kerja di Rumah

1.Bekerja menggunakan baju tidur
Orang-orang paling produktif tidak bangun dan langsung mulai bekerja saat masih mengenakan piyama. Mereka akan bersiap-siap untuk hari itu dengan cara yang sama seperti saat mereka menuju ke kantor. Piyama tidak persis pakaian profesional, baju tidur juga tidak akan menempatkan pikiran kamu dalam “mode kerja.”

Selain itu, terlihat rapi dan rapi akan menyelamatkanmu dari kepanikan bergegas untuk bersiap-siap setiap kali video conference dadakan.

2. Bekerja dari tempat tidur atau sofa
Memiliki ruang kerja sendiri adalah keharusan. Diperlukan beberapa percobaan dan kesalahan untuk menemukan tata letak ruang kerja yang mendukung kebutuhan kamu, kuncinya adalah membuatnya menyerupai pengaturan seperti di kantor.

Sebaiknya jauhi tempat tidur dan sofa jika memungkinkan. Karena dekat dengan kedua tempat tersebut bisa mendorong mode relaksasi pada dirimu.

3. Terlalu cuek
Kamu memang tidak harus terus-menerus memeriksa dan membalas email (kecuali mendesak). Paling tidak, lakukan check-in secara teratur dengan manajer dan tim, bisa melelui aplikasi kerja dari rumah atau, panggilan telepon, dan email.

Jangan hanya karena merasa kamu harus menyelesaikan banyak pekerjaan lantas kamu jadi sangat cuek dan mengabaikan semua email dan panggilan dari atasan maupun rekan kerja.

Baca poin selanjutnya di halaman berikutnya>>

4. Mengabaikan kesehatan
Ketika kamu tidak berada di kantor, biasanya tidak ada aktivitas fisik. Tidak ada ruang rapat untuk membuatmu berjalan, tidak ada rekan kerja untuk pergi minum kopi dengan dan tidak ada lorong panjang yang mengarah ke printer atau kamar mandi.

Bahkan jika kamu seorang yang sering berolahraga, duduk terlalu lama dapat menjadi faktor risiko kematian dini. Sisihkan waktu sejenak setiap satu jam dan pergilah melangkah dari meja kerjamu.

Baca juga: Suami-Istri Kelamaan di Rumah Terus, Angka Perceraian dan KDRT Meningkat

5. Tidak membuat struktur dan batas
Sangat mudah untuk terganggu oleh masalah pribadi saat bekerja dari rumah, karena kamu jauh lebih mudah diakses oleh orang-orang di luar kehidupan kerja. Itu sebabnya jangan sampai kamu tidak menetapkan batasan. Agar kamu tetap dapat bekerja dengan bebas tanpa gangguan yang tidak perlu.

6. Mengambil kesempatan bersantai
Pilihan untuk bekerja dari rumah merupakan hak istimewa, terutama selama pandemi Covid-19. Tetapi jangan gunakan hal ini sebagai kesempatan kamu untuk lebih banyak bermalas-malasan dan bersantai serta menyepelekan pekerjaan. *

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version