Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, June 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Mandi dengan Air di Suhu Ini Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

Ilustrasi. (dok. Medical News Today)

Topcareer.id – Banyak cara yang dilakukan untuk membantu kesehatan mental seseorang dalam pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini. Mulai dari olahraga virtual, meditasi pagi, hingga jalan-jalan sehat keliling kompleks. Tapi, sudah coba main air dingin?

Rob Whitley, sebagai asisten profesor psikiatri di Universitas McGill, mengusulkan gagasan itu dalam kolom untuk Psychology Today yang menyarankan berenang atau mandi air dingin bisa menjadi terapi bagi orang-orang selama wabah virus corona.

Dalam karyanya, Whitley menguraikan manfaat kesehatan mental dari kegiatan mandi air dingin (60-70 derajat Fahrenheit atau 15-21 derajat Celcius), khususnya berenang di air terbuka, yang dapat meningkatkan suasana hati, meningkatkan kebahagiaan, dan mengatur waktu tidur yang baik.

Baca juga: Studi: Suka Mandi Terlalu Lama, Bukti Kamu Kesepian

“Berenang di luar ruangan di musim panas juga dapat melibatkan paparan sinar matahari, yang memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk pelepasan vitamin D, yang dapat membantu melindungi dari berbagai penyakit pernapasan, termasuk Covid-19,” tulis Whitley, dikutip dari The Ladders.

“Perendaman cranial (tengkorak kepala dan syarfnya) lengkap dalam air dingin juga dapat merangsang saraf vagus, yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan,” kata Whitley.

Whitley mencatat bahwa mandi air dingin di rumah juga dapat bermanfaat, meskipun membatasi manfaat olahraga dan terkena sinar matahari, yang membawa manfaat kesehatannya sendiri. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply