Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan

Sumber foto: mountainside.com

Topcareer.id – Di tengah pandemi virus corona, banyak kegiatan yang dibatasi, terutama keluar dari rumah. Lalu bagaimana cara mengatasi kebosanan di rumah selama masa lockdown?

Berkebun mungkin bisa dijadikan pilihan. Ini bukan hanya tentang membuat rumah terlihat bagus, tapi merawat tanaman juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Banyak penelitian ilmiah menunjukkan bahwa latihan fisik dapat berkontribusi pada stabilnya berat badan yang sehat, serta tingkat tekanan darah yang normal. Berinteraksi dengan tanaman dapat meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental.

Dikutip dari goodhousekeeping.com, Senin (18/5/2020) berikut manfaat kesehatan dari berkebun.

Berkebun membakar banyak kalori
Berkebun dianggap sebagai latihan intensitas sedang. Kamu bisa membakar sekitar 330 kalori dengan melakukan satu jam pekerjaan berkebun dan pekarangan ringan. Ini lebih dari berjalan dengan kecepatan sedang untuk jumlah waktu yang sama, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Menurunkan tekanan darah
30 menit aktivitas fisik tingkat sedang hampir setiap hari dalam seminggu dapat mencegah dan mengendalikan tekanan darah tinggi. The National Heart, Lung, and Blood Institute juga merekomendasikan berkebun atau menyapu daun selama 30-45 menit.

Menghabiskan waktu di luar baik untuk tulang
Ketika kamu berada di luar ruangan saat pagi hari untuk berkebun, kulit kamu akan terkena sinar matahari, itu mendorong tubuh untuk memproduksi vitamin D dan membantunya menyerap kalsium serta mineral. Ini penting untuk pembentukan tulang.

Menanam makanan sendiri dapat membantu makan lebih sehat
Selain latihan fisik, ketika kamu merawat kebun yang ditanami sayuran, lahan akan menjadi produktif dan bisa mempromosikan pola makan yang lebih baik dengan memasok produk segar dan sehat. Berkebun membantu orang mengembangkan kebiasaan untuk makan cukup buah dan sayuran.

Berkebun bisa menghilangkan stres
Berkebun berkorelasi positif dengan pengurangan gejala depresi dan kecemasan. Beberapa rumah sakit bahkan menggunakan metode penanaman dan merangkai bunga sebagai jenis rehabilitasi bagi pasien yang baru pulih dari cedera, stroke, operasi, dan kondisi lainnya.

Berkebun bisa membuatmu lebih bahagia
Tindakan menanam dapat membantu meningkatkan mood. Ada hubungan berkebun dengan peningkatan kualitas hidup dan pengurangan gangguan mood. Menumbuhkan sesuatu yang hijau, sesuatu yang nyata, sesuatu yang hidup, adalah hal yang penuh harapan untuk dilakukan.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply