TopCareerID

Telkomsel dan Indihome Catat Kenaikan Pendapatan yang Signifikan

Dok. Tribun

Topcareer.id – Telkomsel sebagai anak PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dari segmen mobile masih mengukuhkan diri sebagai operator dengan basis pelanggan terbesar di Indonesia, yaitu 171,1 juta pelanggan dengan pengguna mobile data tercatat sebanyak 110,3 juta pelanggan.

Berdasar keterangan tertulis dari Telkom, trafik data tumbuh sebesar 53,6% menjadi 6.558 petabyte. Sebagai hasilnya, pendapatan digital business Telkomsel tumbuh cukup signifikan sebesar 23,1% atau Rp10,94 triliun.

Secara absolut pertumbuhan pendapatan digital business tersebut tercatat sebagai pertumbuhan tertinggi secara industri di tahun 2019. Pendapatan Digital Business Telkomsel menjadi Rp 58,24 triliun yang sekaligus menjadi katalis dalam pergeseran bisnis Legacy ke layanan Digital Business.

Baca juga: Facebook, Twitter dan Youtube Berjuang Hapus Video Konspirasi Covid-19

“Kontribusi pendapatan dari Digital Business meningkat menjadi 64% dari total pendapatan Telkomsel, dari 53% pada tahun sebelumnya, seiring dengan pengembangan berbagai Digital Services seperti Digital Lifestyle, Digital Advertising, Big Data, Digital Enterprise Solution dan Mobile Payment,” tertulis dalam pers rilis, Selasa (26/5/2020).

Telkomsel juga berhasil melakukan pengendalian biaya dengan baik, sehingga mampu meningkatkan laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi (EBITDA) margin menjadi 54,0% dari sebelumnya 53,2%.

Pada 2019, Telkomsel membangun 23.162 Base Tranceiver Station (BTS) 4G LTE baru sehingga pada akhir tahun 2019 jangkauan layanan 4G LTE mencapai lebih dari 90% populasi.

Baca juga: Facebook: Tak Ada Kepastian Prospek Pendapatan Iklan di Tengah Pandemi

Sampai dengan akhir tahun 2019, Telkomsel telah memiliki total BTS sebanyak 212.235 dengan 161.938 unit di antaranya adalah BTS 3G/4G. Basis pelanggan data, jumlah dan jangkauan BTS 3G/4G serta peningkatan lalu lintas data akan menjadi pondasi untuk pertumbuhan positif kinerja Telkomsel di tahun 2020.

Indihome

Di segmen Consumer, IndiHome mencatat kenaikan pendapatan signifikan sebesar 28,1% menjadi Rp 18,3 triliun. Jumlah pelanggan IndiHome tumbuh 37,2% jika dibanding akhir 2018 menjadi 7 juta pelanggan pada akhir 2019.

“Pencapaian ini semakin mengukuhkan IndiHome sebagai market leader bisnis fixed broadband di Indonesia. Profitabilitas IndiHome juga semakin baik dengan EBITDA margin mencapai 33,9%, mendekati standar profitabilitas global.” *

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version