Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, July 7, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Adakah Waktu Terbaik untuk Minum Susu?

Sumber foto: thelist.com

Topcareer.id – Susu dikenal sebagai makanan pelengkap dan merupakan minuman bergizi. Susu dipenuhi dengan nutrisi seperti protein, Vitamin A, B1, B2, B12, D, kalium dan magnesium.

Untuk memaksimalkan manfaat dari susu, adakah waktu terbaik untuk meminumnya?

Menurut pengobatan Ayurvedic, sistem kesehatan alternatif dengan akar di India, meminum susu pada sore hari adalah cara terbaik untuk menyerap manfaatnya.

 “Susu dianggap sebagai salah satu makanan terbaik menurut Ayurveda dan setiap orang harus meminumnya setiap hari. Tidak ada waktu khusus yang dapat membahayakan banyak hal. Tetapi waktu terbaik sering dianggap dari malam hingga waktu tidur,” kata Dr. Dhanvantri Tyagi, ahli Ayurvedic dikutip dari NDTV Food.

Dia merekomendasikan untuk tidak minum susu saat pagi hari bagi mereka yang usianya sudah di atas 5 tahun. Susu yang dikonsumsi saat pagi hari dapat menjelma menjadi asupan yang sangat berat untuk dicerna dan bisa membuatmu lesu.  

Dikutip dari Healthline, dalam beberapa kasus, minum susu pada waktu tertentu dapat membantumu memetik banyak manfaat. Namun, tidak ada penelitian pasti yang menunjukkan bahwa ada waktu tertentu untuk minum susu agar mendapatkan manfaat kesehatannya secara maksimal.

Untuk menurunkan berat badan dan penambahan otot

Satu studi selama 3 bulan pada 10 wanita muda menemukan bahwa mereka yang minum susu bebas lemak 5 hari per minggu setelah latihan kekuatan, mengalami peningkatan yang lebih besar dalam massa otot dan kehilangan lemak, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum susu.

Berdasarkan hasil ini, waktu terbaik untuk minum susu untuk meningkatkan pertumbuhan otot dan penurunan berat badan, tampaknya langsung setelah berolahraga.

Namun, perlu diingat bahwa minum susu dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan karena asupan kalori yang tinggi.

Untuk meningkatkan pencernaan

Beberapa orang percaya bahwa susu meningkatkan pencernaan, meskipun bukti ilmiah tidak mendukung gagasan ini.

Meskipun demikian, beberapa produk susu fermentasi, termasuk yogurt dan kefir, dapat meningkatkan pencernaan dan pergerakan usus yang sehat. Produk-produk ini mengandung probiotik, atau bakteri menguntungkan yang mendukung mikrobioma usus.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply