Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Ampuh Singkirkan Kutu di Rumah

Sumber foto: pets.webmd.com

Topcareer.id – Kutu adalah hama yang menyebalkan. Mereka cukup kecil untuk berpindah, dan cukup gesit untuk menghindar dari tangkapan.

Kutu umumnya lebih suka inang berkaki empat daripada manusia. Namun, jika hewan peliharaan keluarga kamu memiliki kutu, kemungkinan halaman, rumah, dan furnitur akan menjadi sasaran berikutnya.

Siklus hidup kutu tergantung pada kondisi lingkungan. Kutu tumbuh subur di iklim hangat. Kisaran suhu ideal adalah 26° hingga 32° C dengan kelembaban 70 persen.

Dalam kondisi ini, kutu memiliki siklus hidup 18 hingga 21 hari. Jika cuaca tidak ideal dan tidak ada inang yang dapat diberi makan, larva kutu dapat tetap tidak aktif selama berbulan-bulan sambil menunggu kondisi yang lebih baik untuk berkembang. Rata-rata, kutu dewasa hidup dari beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Mengutip Healthline, berikut ini cara agar kamu, hewan peliharaan, dan tempat tinggalmu terhindar dari kutu

Cara menghilangkan kutu di rumah

  • Gunakan vacuum cleaner yang kuat untuk membersihkan lantai, karpet, dan kasur. Celah dan ruang sempit lainnya biasanya merupakan tempat persembunyian yang bagus untuk kutu dan kelompok telur, larva, serta kepompong mereka.
  • Gunakan pembersih uap untuk karpet dan kain pelapis, termasuk tempat tidur hewan peliharaan. Kombinasi panas tinggi dan sabun adalah musuh kutu di semua tahap kehidupan. Berikan perhatian khusus pada titik-titik panas di mana hewan peliharaan biasanya berbaring.
  • Gunakan perawatan kimia. Semprotan aerosol direkomendasikan, karena kamu dapat mengarahkan semprotan di bawah tempat tidur atau tempat lain yang tidak dapat dijangkau oleh uap. Pilih insektisida yang mengandung kedua jenis adultisida, seperti permethrin, yang membunuh kutu dewasa, dan pengatur pertumbuhan serangga, seperti methoprene atau pyriproxyfen, yang membunuh telur, larva, dan pupa. Orang dan hewan peliharaan tidak boleh bersentuhan dengan bekas semprotan sampai kering. Pastikan mengenakan sarung tangan saat menyemprot.

Cara menghilangkan kutu di halaman rumah

  • Potong rumput secara teratur dan sapu bersih permukaan yang terbuka dengan seksama. Kutu suka bersembunyi di rerumputan tinggi. Pastikan untuk membuang bekas potongan rumput daripada menambahkannya ke tumpukan kompos.
  • Buang semua puing, seperti daun dan ranting mati. Paparkan sebanyak mungkin area teduh agar terkena sinar matahari.
  • Tanyakan ahli kebun tentang nematoda, yaitu cacing kecil yang dapat memakan telur parasit, dan butiran belerang. Kamu dapat menyebarkan nematoda di halaman untuk membantu menghilangkan kutu.

Cara menyingkirkan kutu dari hewan peliharaan

  • Cuci tempat tidur hewan peliharaan dengan air panas setiap beberapa hari. Keringkan dengan menjemurnya di bawah terik matahari atau gunakan hair dryer dengan pengaturan panas tertinggi setiap kali selesai mencuci.
  • Cuci hewan peliharaan menggunakan sampo kutu. Tanyakan kepada dokter hewan atau pet shop tentang pilihan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Banyak sampo hewan peliharaan yang mengandung piretrin, yakni ekstrak yang berasal dari bunga krisan.
  • Beli sisir kutu. Siapkan semangkuk air sabun untuk mencelupkan sisir kutu begitu kamu selesai menyisirkannya dari bulu hewan peliharaan kamu. Kutu biasanya berada di sekitar area leher dan ekor.
  • Tanyakan dokter hewan tentang obat kutu oral atau topikal. Kalung anti kutu bisa sangat beracun jadi hindari jika memungkinkan. Jika kamu lebih suka solusi alami, coba tambahkan dua cangkir daun rosemary ke dalam air panas. Biarkan campuran menjadi dingin dan gunakan untuk menyemprot, membilas, atau merendam hewan peliharaan kamu.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply