Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Membuat Form Survey Online dari Google, Gratis!

Topcareer.id – Pernahkah kamu menerima sebuah survey secara random dari saudara, teman, atau kolega kamu? Pernahkah berpikir bagaimana mereka bisa membuat lembar survey online?

Ya, jawabannya adalah Google Form. Mereka menggunakan aplikasi ini untuk membuat lembar survey yang dikirimkan kepada kamu untuk diisi.

Google Form merupakan layanan pembuatan formulir atau kuesioner online yang disediakan Google. Layanan ini dapat diakses secara gratis, asalkan sudah memiliki akun Google.

Google Form bisa membantu seseorang dalam membuat dan mengumpulkan data yang dibutuhkan seperti data penelitian skripsi, formulir registrasi online, survey, dan lainnya.

Dan sebagai pengguna layanan ini, kamu tidak perlu merasa khawatir dengan privasi kamu, karena Google menjamin keamanan dari formulir atau kuesioner yang dibuat. Semua data otomatis tersimpan dalam Google Drive.

Jika kamu perlu untuk membuat sebuah lembar survey untuk disebarkan, begini cara simple membuatnya:

  1. Pertama-tama, kamu harus memiliki akun Gmail.
  2. Kunjungi laman https://docs.google.com/forms/u/0/. Kamu akan diberikan pilihan untuk membuat form baru pada blank page (kertas kosong) dengan tanda +, ataupun memilih formulir dari template yang sudah tersedia di galeri. Notes: Jika diakses langsung dari Google Drive, kamu bisa langsung membuat data baru di kiri dengan tanda (+) dan pilih Google Form, kemudian akan langsung diarahkan pada untitled formulir.
  3. Berikan judul pada formulir yang kamu buat, dan jangan lupa untuk memberikan deskripsi formulir di bawahnya agar responden memahami maksud dari form survey yang kamu buat.
  4. Kamu bisa membuat pertanyaan dan opsi jawaban, seperti jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda, kotak centang, atau drop-down. Semua perubahan yang kamu buat pada Google form akan langsung disimpan pada Google Drive.
  5. Kamu juga bisa mengunggah data yang dibutuhkan seperti gambar maupun video. Kamu dapat mengatur formulir di bagian bawah halaman, dan mengatur tema pada pilihan “sesuaikan tema” dengan ikon cat air.
  6. Responden bisa mengunggah gambar pada formulir yang kamu buat, dan akan diminta untuk login ke Google saat pertanyaan upload file ditambahkan ke formulir. Pastikan kamu membagikan formulir ini dengan orang yang benar-benar kamu percayai.
  7. Langkah terakhir, kamu bisa mengirim form tersebut dengan tombol kirim di sudut kanan atas. Link dari form tersebut bisa kamu bagikan pada responden yang kamu tuju, melalui Currents, Facebook, atau Twitter.

Mudah bukan? Selamat mencoba ya, dan semoga survey yang kamu buat memiliki hasil yang maksimal.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply