Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Mau Bahagia Di Kantor? Yuk Coba Terapkan Self Care

Sumber foto: socialworker.com

Topcareer.id – Daripada hanya fokus melakukan perawatan diri secara fisik, cobalah untuk memberi dirimu “self care” di tempat kerja.

Self care penting untuk dilakukan secara alami ke dalam hari kerja sehari-harimu. Self care bisa memicu rasa bahagia untuk menyeimbangkan tekanan kerja yang harus kamu hadapi.

Seperti dikutip dari hbr.org, Senin (15/1/2020), berikut beberapa cara yang bisa dicoba.

Permudah diri
Orang sering menjadi kritikus paling keras untuk diri sendiri. Penelitian dari profesor HBS Amy Edmondson telah menunjukkan bahwa seseorang bisa mengoptimalkan kinerja dan pembelajaran ketika ada akuntabilitas dan keamanan psikologis.

Jaga kritik internal. Jangan terlalu keras dan perfeksionis agar kamu dapat menciptakan kondisi psikologis yang tepat.

Nilai waktu, uang, dan sumber daya
Sangatlah penting untuk menyisihkan 15 menit setiap pagi untuk mencatat tiga hal yang ingin kamu capai di hari itu.

Ketika permintaan masuk, pertimbangkan dampak pada prioritas kamu sebelum menawarkan solusi. Self care berarti menghargai nilai, dampak, dan kontribusi yang kamu bawa.

Ingat kembali kemenangan
Apa yang telah kamu lakukan dan berhasil, biasanya sering kamu lupakan. Cobalah sesekali menekan tombol jeda untuk diri kamu dan tim, lalu lihat kembali kesuksesan sebelumnya.

Catat apa saja yang berjalan dengan baik. Pembicaraan semacam ini dapat membantu kamu dan tim tetap terhubung dengan gairah, kebahagiaan, kontribusi tertinggi, dan tindakan yang benar-benar menambah nilai.

Kelilingi diri dengan orang-orang baik
Hubungan yang sehat dan suportif adalah bagian penting dari self care atau perawatan diri. Pertimbangkan apakah tim kamu memberikan pengaruh dan dukungan yang cukup untuk memenuhi prioritas.

Perhatikan siapa yang memberi makan energi kamu, dan siapa yang mengurasnya. Tetapkan batas lebih banyak dengan penguras energi. Investasikan dirimu pada mereka yang menginspirasi dan mendukung serta mengerti dirimu.

Perbarui ruang kerja
Lingkungan dan ruang kerja dapat memiliki dampak signifikan pada produktivitas. Dapatkan kejernihan mental lebih banyak dengan membersihkan meja kerja.

Pasang gambar, karya seni, atau gambar yang menginspirasi dan mengingatkanmu pada orang-orang dan hal-hal yang penting. Ruang kerjamu harus terasa seperti cerminan diri terbaikmu.

Recharge dan reboot
Tetaplah selaras dengan tingkat energi kamu. Bagi kebanyakan profesional yang sibuk, tidur delapan jam setiap malam sayangnya tidak realistis.

Tetapi, penting untuk setidaknya mencoba sesekali mengisi ulang energi dalam seminggu. Kamu bisa pilih Rabu atau Kamis malam untuk tidur lebih lama.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply