TopCareerID

Punya Rekan Kerja Pemalas? Begini Cara Mengatasinya

Sumber foto: lnguagetraining.com

Topcareer.id – Di setiap kantor, pasti setidaknya ada satu rekan kerja yang malas. Kebiasaan ini bisa mengganggu dan bahkan memengaruhi kinerja kamu. Sehingga kamu perlu bergerak cepat untuk mengatasinya.

Komunikasi adalah kuncinya. Jika terlalu memalukan untuk berbicara secara langsung, coba hubungi melalui email atau WhatsApp. Tetapi, jika tak bisa menyelesaikan masalah dengan rekan kerja yang malas, mungkin kamu bisa melaporkan orang tersebut ke atasan.

Sebelum kamu melakukannya, cobalah tips berikut ini untuk mengatasi rekan kerja yang malas.

Jangan biarkan perasaan memburuk
Secara alami, kamu harus terlebih dahulu menentukan seberapa besar pengaruh kemalasannya terhadap produktivitasmu. Jika kecil, kamu bisa mengabaikannya. Tetapi jika besar, langkah selanjutnya adalah memberi tahu orang tersebut.

Lebih asertif
Jika rekan kerja yang malas mengabaikan pekerjaan mereka sendiri dan memintamu melakukannya, terkadang kamu hanya perlu berdiri dan berkata, “Tidak!” Sesederhana itu. Cobalah kali ini menyampaikannya dengan cara yang lebih asertif, kamu bisa menolak sambil kemukakan alasan mengapa kamu tidak bisa membantunya.

Tawarkan beberapa bimbingan
Dalam beberapa kasus, rekan kerja malas sebetulnya butuh bantuan. Tapi, ini bukan berarti kamu bisa melakukan pekerjaan untuk mereka. Cobalah beri tahu cara mengelola tugas dan beban kerja sehingga mereka bisa lebih efisien dan produktif.

Bicaralah dengan seseorang
Cari penasihat dari luar. Kamu bisa menggunakan teman lain sebagai bantuan untuk berbicara kepada rekan kerja yang malas. Mungkin saja, mereka bisa menawarkan wawasan yang dapat membantu menyelesaikan masalah.

Jangan gosip
Meskipun disarankan agar kamu berbicara dengan seseorang tentang masalah tersebut, namun jangan jadikan ajang bergosip dan mengeluh ya. Gosip mungkin mengurangi rasa frustrasi untuk sementara waktu, tetapi itu bukan perbaikan jangka panjang, dan cenderung hanya memperburuk masalah.

Jaga sikap baik
Rekan kerja yang malas juga bisa memengaruhi sikap kamu. Kenikmatan mereka saat tidak melakukan pekerjaan apa pun terkadang membuat kamu tergoda untuk ikut melakukannya. jangan lakukan ini. Tetap lakukan pekerjaan kamu, dan coba abaikan kemalasan orang lain.

Bicaralah dengan manajer
Meskipun tidak pernah ideal untuk membawa masalah antar pribadi kepada manajer, terkadang hal itu tidak dapat dihindari. Tetapi, jika mereka adalah bos yang buruk dan tidak mau mendengarkan, kamu bisa memilih pergi ke HRD untuk minta bantuan menyelesaikan masalah ini.

Dokumentasikan
Ketika kamu akan melaporkan kepada atasan, pastikan kamu memiliki dokumentasi kasus yang kuat. Itu berarti, sebelum pergi ke atasanmu, mulailah mendokumentasikan tindakan rekan kerja yang malas, sehingga pelanggaran mereka terlihat jelas.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version