Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 20, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Punya Rekan Kerja Pemalas? Begini Cara Mengatasinya

Sumber foto: lnguagetraining.com

Topcareer.id – Di setiap kantor, pasti setidaknya ada satu rekan kerja yang malas. Kebiasaan ini bisa mengganggu dan bahkan memengaruhi kinerja kamu. Sehingga kamu perlu bergerak cepat untuk mengatasinya.

Komunikasi adalah kuncinya. Jika terlalu memalukan untuk berbicara secara langsung, coba hubungi melalui email atau WhatsApp. Tetapi, jika tak bisa menyelesaikan masalah dengan rekan kerja yang malas, mungkin kamu bisa melaporkan orang tersebut ke atasan.

Sebelum kamu melakukannya, cobalah tips berikut ini untuk mengatasi rekan kerja yang malas.

Jangan biarkan perasaan memburuk
Secara alami, kamu harus terlebih dahulu menentukan seberapa besar pengaruh kemalasannya terhadap produktivitasmu. Jika kecil, kamu bisa mengabaikannya. Tetapi jika besar, langkah selanjutnya adalah memberi tahu orang tersebut.

Lebih asertif
Jika rekan kerja yang malas mengabaikan pekerjaan mereka sendiri dan memintamu melakukannya, terkadang kamu hanya perlu berdiri dan berkata, “Tidak!” Sesederhana itu. Cobalah kali ini menyampaikannya dengan cara yang lebih asertif, kamu bisa menolak sambil kemukakan alasan mengapa kamu tidak bisa membantunya.

Tawarkan beberapa bimbingan
Dalam beberapa kasus, rekan kerja malas sebetulnya butuh bantuan. Tapi, ini bukan berarti kamu bisa melakukan pekerjaan untuk mereka. Cobalah beri tahu cara mengelola tugas dan beban kerja sehingga mereka bisa lebih efisien dan produktif.

Bicaralah dengan seseorang
Cari penasihat dari luar. Kamu bisa menggunakan teman lain sebagai bantuan untuk berbicara kepada rekan kerja yang malas. Mungkin saja, mereka bisa menawarkan wawasan yang dapat membantu menyelesaikan masalah.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply