Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bayi Baru Lahir Hanya Bisa Melihat Warna Hitam dan Putih

Topcareer.id – Tahukah kamu, bayi saat masih berada dalam rahim ibunya dapat membedakan antara terang dan gelap. Dan saat lahir, mereka melihat bentuk dengan mengikuti garis di mana cahaya dan gelap bertemu. Namun, diperlukan waktu hingga beberapa minggu sebelum bayi dapat melihat warna primer pertama mereka yaitu merah.

Dalam minggu dan bulan pertama mereka, bayi belajar menggunakan mata mereka – sebenarnya mata mereka “belajar” cara melihat. Sementara setiap mata memiliki struktur fisik yang perlu mulai dilihat secara normal, kedua mata belum belajar untuk bekerja bersama – dan “penglihatan binokular” ini berkembang dengan cepat selama beberapa minggu dan bulan pertama kehidupan.

Di tahun pertama yang kritis ini, otak dan mata bayi mulai mengoordinasikan gambar dan mengingat apa yang telah mereka lihat. Sebagai orang tua, kamu dapat berpartisipasi dalam perkembangan mata dan kesehatan mata bayi baru lahir. Stimulasi yang tepat dapat meningkatkan rasa ingin tahu, rentang perhatian, memori, dan pengembangan sistem saraf. Jadi pastikan memberi bayi banyak hal menarik untuk dilihat.

Baca Juga: Bayi Sebaiknya Jangan Dibedong, Ganti Dengan Cara Ini

Bayi baru lahir hanya dapat fokus sekitar delapan hingga 12 inci dari wajah mereka, dan mereka hanya melihat warna hitam, putih dan abu-abu. Pada minggu pertama, bayi mulai merespons gerakan dan mulai fokus pada wajah orang tuanya.

Selama sepuluh hingga 12 minggu ke depan, mata bayi akan mulai mengikuti benda bergerak dan mengenali benda-benda, terutama mainan dan benda dengan pola geometris. Saat penglihatan warna mereka mulai berkembang, bayi akan melihat merah terlebih dahulu – mereka akan melihat spektrum penuh warna pada saat mereka mencapai usia lima bulan.

Cara terbaik untuk membantu menjaga mata bayi agar tetap sehat adalah melalui pemeriksaan mata profesional yang rutin. Periksakan mata bayi kamu ke dokter anak atau dokter mata berlisensi, tidak lama setelah kelahiran.

Menurut sebuah penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition, mengutip bausch.com, bayi yang disusui dengan ASI ibunya memiliki penglihatan yang lebih baik sebagai anak-anak daripada bayi yang diberi susu formula. Para ilmuwan sebelumnya telah berhipotesis bahwa bahan kimia yang dikenal sebagai asam docosahexaenoic (DHA) ditemukan dalam konsentrasi yang lebih tinggi dalam ASI daripada dalam susu formula. Tentunya ini meningkatkan visi anak-anak yang sedang berkembang.* (RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply