Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Wow, UNAIR Temukan Obat Yang Siap Lawan Corona

Topcareer.id – Tim peneliti Universitas Airlangga (UNAIR) mengungkapkan telah menemukan obat yang yang diharapkan ampuh mengobati pasien Covid-19.

“Obat ini terdiri dari lima kombinasi regimen obat dari obat-obat yang sudah beredar di pasaran,” kata Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell Universitas Airlangga, dr. Purwati, di Jakarta, Selasa (16/6/2020).

Kelima regimen kombinasi ini, yakni lopinavir/ritonavir dengan azithromicyne, lopinavir/ritonavir dengan doxycycline, lopinavir/ritonavir dengan chlaritromycine, hydroxychloroquine dengan azithromicyne, dan hydroxychloroquine dengan doxycycline.

Menurutnya, kombinasi regimen obat tersebut memiliki potensi dan efektifitas cukup bagus terhadap daya bunuh virus.

Dosis masing-masing obat dalam kombinasi tersebut yaitu 1/5 dan 1/3 lebih kecil dibandingkan dosis tunggalnya sehingga mengurangi efek toksik dari obat tersebut bila diberikan sebagai obat tunggal.

Meskipun begitu, dr Purwati menegaskan bahwa kelima regimen kombinasi obat Corona tersebut tidak untuk diperjualbelikan secara bebas.

“Walaupun sudah ada ratusan obat yang sudah diproduksi dan akan disebarkan kepada rumah sakit yang membutuhkan, tapi ini belum diperjualbelikan. Ini kolaborasi antara UNAIR, BNPB, dan juga Badan Intelijen Negara,” pungkas dr Purwati.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply