Topcareer.id – Jika sudah sampai beberapa tahap proses rekrutmen, umumnya perusahaan akan meminta daftar referensi profesional. Di sinilah peluang tercipta sehingga kamu harus memastikan daftar referensi yang kamu berikan sudah pas.
Pikirkan tentang hubunganmu dengan setiap orang. Seberapa dekat hubungan kerjamu dengan mereka, seberapa baru kamu bekerja bersama, serta bagaimana mereka akan menjelaskan kualitas kerjamu kepada manajer perekrutan? Semua detail ini berperan.
Berikut 5 orang yang dapat kamu sertakan dalam daftar referensi profesional, seperti dikutip dari laman Glassdoor.
1. Mantan bos
Bos atau manajermu sebelumnya dapat memberikan wawasan terbaik tentang etika kerjamu. Mereka tahu apa tanggung jawabmu di pekerjaan dan bagaimana kamu menanganinya.
2. Rekan kerja
Seseorang yang pernah bekerja bersamamu di pekerjaan sebelumnya, meskipun mereka bukan atasan, mereka bisa menjadi referensi yang bagus. Mereka akan dapat berbicara tentang hal-hal yang kamu kerjakan bersama dan apa yang kamu raih sebagai tim. Kerja tim adalah salah satu softskill paling penting yang dicari perusahaan.