TopCareerID

Negosiasikan 7 Hal Ini dengan HRD Sebelum Terima Kerja

Ilustrasi. (dok. Multibriefs)

Topcareer.id – Mendapat kesempatan bekerja memang menyenangkan, tapi jangan sampai tawaran itu datang tanpa pertanyaan. Saat ini orang-orang bisa memilih jalur karier mereka, dan tahu mana yang layak untuk didapatkan.

Untuk memastikan bahwa kamu sebagai kandidat pekerja akan diperlakukan seperti karyawan yang dihargai, coba negosiasikan beberapa hal berikut ini ke bagian HR (human resource) sebelum benar-benar menerima kesempatan kerjanya.

1. Tanyakan tentang benefit

Seperti dikutip dari laman Glassdoor, penting untuk mengetahui apa yang termasuk dalam paket benefit kerja. Jika manfaatnya tidak menarik, ini mungkin bukan perusahaan yang tepat bagimu.

Cari tahu tentang pilihan penyedia, berapa banyak kamu harus membayar sendiri ke dalam rencana kesehatan, apa yang ditanggung, termasuk resep dan layanan khusus, perawatan gigi dan penglihatan.

2. Tanyakan apakah gaji dapat dinegosiasikan

Sebagian besar perusahaan tidak akan langsung keluar dan memberi tahu bahwa gaji dapat dinegosiasikan karena mereka ingin membayar sesedikit mungkin. Ini adalah informasi yang perlu kamu gali, jadi kamu harus bertanya.

3. Tanyakan tentang fasilitas lainnya

Semakin banyak fasilitas yang ditawarkan perusahaan, semakin menarik tawaran pekerjaan yang akan dihasilkan. Jadi, kamu perlu mencari tahu tunjangan lain apa yang mungkin tersedia untukmu jika kamu memutuskan untuk menerima posisi yang ditawarkan.

Fasilitas bisa berupa apa saja mulai dari shift fleksibel dan jam kerja hingga pesta kantor dan banyak lagi. Beberapa fasilitas terbaik untuk ditanyakan adalah pelatihan lanjutan dan peluang promosi.

4. Tanyakan tentang waktu liburan

Kamu perlu tahu sebelum mengambil pekerjaan itu apakah kamu bisar mengambil liburan. Beberapa perusahaan hanya mengizinkanmu mengambil waktu libur yang tidak dibayar, sementara yang lain menawarkan liburan berbayar begitu kamu bekerja untuk mereka dalam jangka waktu tertentu.

Jangan lupa untuk bertanya apakah kamu dapat melanjutkan hari-hari liburan yang tidak digunakan dan menggunakannya pada tahun berikutnya.

5. Tanyakan apa kata karyawan lain tentang perusahaan

Kamu dapat menceritakan banyak hal tentang perusahaan dengan mendengarkan apa yang dikatakan karyawan saat ini dan masa lalu tentang hal itu.

Jika ini adalah perusahaan yang baik untuk bekerja, orang SDM seharusnya tidak memiliki masalah untuk memberitahumu apa yang karyawan katakan tentang perusahaan, dan bahkan menemukan orang di dalam perusahaan untuk kamu ajak bicara.

6. Tanyakan tentang peluang pendidikan

Banyak perusahaan akan menawarkan insentif bagi karyawan untuk kembali ke sekolah atau menerima pelatihan tambahan yang akan membantu mereka maju dalam karier mereka.

Sebenarnya, ini adalah salah satu cara perusahaan untuk memastikan karyawan loyal, karena karyawan ini berterima kasih atas bantuannya, dan ingin memberikan kembali.

Beberapa perusahaan akan membayar sebagian dari biaya kuliah, dan beberapa bahkan memungkinkanmu untuk mengambil cuti demi mendapatkan gelar.

7. Tanyakan tentang biaya relokasi

Jika kamu harus pindah untuk mengambil posisi itu, kamu perlu mencari tahu apakah perusahaan akan membantu dengan biaya relokasi.

Jelas, mereka tidak akan membayar semuanya, tetapi jika mereka mengharapkan kamu pindah untuk mereka, mereka seharusnya diharapkan membantu dengan cara tertentu.

Misalnya, mereka dapat menawarkan untuk membayar persentase dari biaya pemindahan aktual atau menempatkan kamu di unit sewa hingga kamu dapat menemukan tempat tinggal yang sesuai dan terjangkau.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version