Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, July 8, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Arungi Jalur Asli, Titanic II Siap Berlayar 2022

Topcareer.id – Replika berukuran sesuai aslinya dari kapal terkenal Titanic dijadwalkan berlayar pada 2022 nanti, dan akan menelusuri kembali rute yang sama di mana 1.500 orang kehilangan nyawa setelah Titanic menabrak gunung es lalu tenggelam. Kapal laut ini dinamakan Titanic II.

Titanic II sebetulnya direncanakan mulai beroperasi sejak tahun 2012, ketika rencana tersebut pertama kali diumumkan oleh taipan bisnis Australia Clive Palmer pemilik Blue Star Line yang memimpin proyek ini.

Palmer mengungkapkan bahwa pembangunan replika asli kapal Titanic senilai USD 500 juta telah dimulai kembali setelah perselisihan keuangan yang sedang berlangsung terselesaikan.

Titanic II akan menampilkan tata ruang kabin yang sama persis dengan pendahulunya, mencoba mereplikasi nuansa estetika keseluruhan kapal Titanic yang asli, seperti pada tahun 1912.

Baca juga: Kapal Viking Berumur Seribu Tahun Ditemukan di Norwegia

Akan ada kabin yang dipisahkan dari kelas satu hingga tiga, ruang makan formal, ruang asap, pemandian, dan tangga besar yang terkenal di film Titanic (1997) ketika Rose turun untuk bertemu Jack.

Titanic II juga akan mengangkut jumlah penumpang yang persis sama sejumlah 2.400 penumpang dengan 900 awak kapal seperti kapal aslinya.

Tapi jangan takut, tidak akan ada malapetaka yang direka ulang. Titanic yang asli dielu-elukan sebagai kapal laut yang “tidak dapat tenggelam” dan terbesar di dunia –ketika berlayar pada 10 April 1912. Namun kapal itu jatuh lima hari kemudian.

Meskipun ada 2.224 penumpang dan anggota kru, kapal hanya memiliki sekitar 1.178 kursi sekoci. Kali ini, Titanic II akan dilengkapi dengan 18 sekoci yang digerakkan motor yang tertutup sepenuhnya, masing-masing dengan kapasitas muat hingga 250 orang.

Ini juga akan menampilkan mesin diesel modern, kabin kelas tiga yang lebih modern, dan fitur navigasi keselamatan dan maritim modern, menurut New York Times.

Kapal itu diperkirakan akan berlayar pertama dari Dubai ke Southampton di Inggris, di mana ia kemudian akan melacak rute asli Titanic ke New York.

Baca juga: Cerita Dua Kapal Rumah Sakit Angkatan Laut AS Jadi RS Darurat Covid-19

“Kapal akan mengikuti perjalanan aslinya, membawa penumpang dari Southampton ke New York,” kata Clive Palmer. “Tapi dia juga akan mengelilingi dunia, menginspirasi dan mempesona orang-orang sambil menarik perhatian, intrik, dan misteri yang tak tertandingi di setiap pelabuhan yang dia kunjungi,” imbuhnya.

Setelah dua minggu perjalanan perdananya nanti selesai, Titanic II diperkirakan akan memulai rute lain di seluruh dunia. Tanggal berlayar yang pasti belum dikonfirmasi. Juga tidak diketahui kapan tiket akan tersedia atau berapa harganya.

Blue Star Line, perusahaan kapal pesiar yang dikepalai oleh Palmer dan di belakang proyek Titanic II, sebelumnya sempat menawarkan tarif lebih dari USD 1 juta untuk bepergian bersama kapal Titanic II. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply