TopCareerID

Punya Pasangan Tukang Kritik Bisa Membunuhmu

Perencanaan keuangan untuk pasangan muda.

Ilustrasi. (dok. Anva)

Topcareer.id –  Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang menikah umumnya hidup lebih lama daripada orang yang masih lajang. Tetapi penelitian baru mengklarifikasi bahwa “kualitas” hubungan memainkan peran besar dalam hal ini.

Pepatah lama mengatakan, “istri bahagia, hidup bahagia,” tetapi itu akan benar jika istri itu tidak terlalu kritis terhadap pasangannya.

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa stres karena memiliki pasangan yang terus-menerus mengkritik dapat menyebabkan kesehatan yang buruk, dan bahkan kematian lebih awal.

Studi

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Lafayette College, menganalisis data dari Proyek Kehidupan Sosial, Kesehatan, dan Penuaan Nasional, yang mewawancarai lebih dari 3.000 orang paruh baya dan lanjut usia pada tahun 2005 dan kemudian pada tahun 2010. Dari semua peserta, 1.735 berada dalam hubungan yang berkomitmen.

Dikutip dari The Ladders, untuk mengukur kualitas hubungan partisipan, para peneliti memeriksa jumlah kritik yang diterima orang tersebut dari pasangannya; jumlah tuntutan yang diajukan pasangannya terhadap mereka; dan seberapa terganggu mereka oleh sikap pasangannya.

Ketika membandingkan semua faktor, para peneliti menemukan bahwa kritik terus-menerus mengambil korban terbesar pada kesehatan dan kematian seseorang, dibandingkan dengan jumlah permintaan dari pasangan, dan rasa kesal terhadap mereka.

Mengapa kritik menyebabkan kematian lebih awal?

Kritik berlebihan tampaknya mengambil lebih banyak korban daripada tuntutan yang berlebihan. Peserta yang melaporkan tuntutan tinggi tetapi kritik rendah pada putaran pertama wawancara umumnya masih hidup pada putaran kedua.

Ternyata kritik dalam suatu hubungan adalah pembunuh yang sesungguhnya. Peserta yang melaporkan kritik tingkat tinggi dalam wawancara putaran pertama, memiliki peluang lebih tinggi untuk mati pada saat wawancara putaran kedua, dibandingkan dengan mereka yang melaporkan kritik tingkat rendah.

Jamila Bookwala dan Trent Gaugler, para peneliti dalam penelitian ini, memiliki teori tentang mengapa kritik pasangan sangat merugikan kesehatan seseorang. Teori pertama menyebutkan bahwa kritik terus-menerus dapat menyebabkan perilaku tidak sehat, seperti merokok atau minum minuman keras.

Yang berikutnya adalah bahwa hal itu menciptakan negativitas dalam hubungan, yang kemungkinan mengarah pada stres jangka panjang yang memiliki efek merugikan pada kesehatan secara keseluruhan.

Negativitas dalam suatu hubungan juga bisa memicu kecemasan, depresi, dan kesepian pada seseorang, yang semuanya terkait dengan kematian sebelumnya, dalam penelitian sebelumnya.

“Temuan ini memiliki implikasi klinis yang penting karena menunjukkan nilai pengembangan intervensi (seperti terapi) yang menargetkan penurunan aspek negatif kualitas hubungan dengan pasangan atau pasangan seseorang, terutama yang terkait dengan kritik dalam hubungan,” tulis Bookwala dan Gaugler.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version