Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, August 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Sosok

Papa T Bob Meninggal Dunia, Selamat Jalan Pencipta Lagu Anak Legendaris

Papa T. Bob. (dok. IDN Times)

Topcareer.id – Maestro pencipta lagu anak-anak Indonesia Papa T Bob dikabarkan meninggal dunia pada usia 59 tahun, Jumat, 10 Juli 2020.

Sebelumnya, pria bernama asli Erwanda Lukas atau lebih dikenal dengan nama Papa T Bob ini diketahui sempat dirawat di rumah sakit pada April lalu akibat penyakit komplikasi yang disebabkan oleh diabetes.

Bulan Juni lalu kondisi Papa T Bob sempat membaik dan menjalani rawat jalan. Menurut informasi, pencipta lagu anak legendaris itu meninggal pada pukul 10.35 WIB.

Baca juga: Mengenang Perjalanan Cinta Ashraf Sinclair dan BCL

Menurut keluarganya, sebelum meninggal Papa T Bob sempat jatuh pingsan di rumahnya dan sempat dilarikan ke Rumah Sakit Budi Asih, di Cawang Jakarta Timur. Almarhum dimakamkan di Juramangu, Pondok Ranji, Tangerang Selatan pada Jumat sore (10/7).

Papa T Bob lahir pada 22 Oktober 1960, ia merupakan pencipta lagu anak-anak kenamaan Indonesia terutama pada era 90an. Sejumlah lagu hit anak-anak seperti “Diobok-obok”, “Jangan Marah”, “Katanya”, “Bolo-Bolo”, “Si Nyamuk Nakal”, “Dudidam”, dan “Si Lumba-lumba”.

Keunikan yang dikenal dari Papa T Bob adalah ia memiliki aturan harus melihat wajah sang artis terlebih dahulu sebelum menciptakan lagu untuknya. Hal itu dilakukan supaya bisa membayangkan lagu yang pantas dibawakan dan sesuai dengan karakter sang artis.

Baca juga: Mengenang Adi Kurdi (1948-2020), Pemeran Abah di Sinetron Keluarga Cemara

Joshua Suherman merupakan salah satu artis yang pernah ditolak Papa T Bob sebelum akhirnya dikenal melalui lagu “Diobok-obok”.

Papa T Bob juga mengorbitkan beberapa artis muda kala itu seperti Tiga Anak Manis, Tina Toon, Trio Kwek-Kwek, Enno Lerian, serta Bondan Prakoso.

Banyak isu yang mengabarkan bahwa Papa T Bob disebut-sebut sebagai miliarder pada era 1990-an, tetapi seiring makin suramnya industri rekaman lagu anak-anak, nama tenarnya pun tak lagi terdengar gaungnya.

Pada Agustus 2019 lalu, nama Papa T Bob seolah terdengar kembali, bersama sahabatnya Mamo Agil, ia berusaha menghidupkan kembali lagu anak-anak dengan menggelar Lomba Karya Cipta Lagu Anak di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta Pusat.

Mereka berdua mendapat penghargaan dari Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) dan Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Provinsi DKI Jakarta atas usahanya itu. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply