TopCareerID

Branding dan Marketing, Apa Bedanya?

Foto Ilustrasi (Freepik)

Topcareer.id – Pernahkah kamu merenungkan perbedaan antara branding dan marketing? Jika demikian, kamu tidak sendirian.

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa kedua hal ini adalah sesuatu yang sama. Sama-sama teknik untuk menjual. Sementara keduanya tidak diragukan lagi memang saling terhubung, namun ada perbedaan antara keduanya.

Sebagai pemilik bisnis, sangat penting bagi kamu untuk memahami branding dan marketing dengan sangat terperinci, sehingga kamu dapat menggunakannya secara efektif bersama.

Berikut ini kamu bisa perhatikan perbedaan antara marketing dan branding.

Apa itu Branding?

Singkatnya, branding adalah gambaran siapa dirimu, dan marketing adalah cara kamu membangun kesadaran pelanggan. Branding adalah strategi kamu, sementara marketing mencakup tujuan taktis kamu.

Baca Juga: Yang Harus Dijauhi dalam Personal Branding

Untuk menentukan apa branding kamu, kamu perlu bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan. Pertanyaan yang melampaui generalisasi industri, dan layanan atau produk yang ditawarkan dan juga pertanyaan untuk menentukan siapa kamu sebagai perusahaan dan yang lebih penting, siapa kamu sebagai brand-nya. Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bisa kamu gunakan untuk memulai branding:

Menjawab pertanyaan di atas akan membantumu memahami perbedaan antara branding dan marketing. Investasikan waktumu dalam memberikan jawaban yang terperinci. Branding kamu akan memupuk apa yang konsumen harapkan dari kamu, dan apa yang akan mereka alami ketika mereka menggunakan produk atau layananmu. Dengan mendefinisikan siapa dirimu dengan jelas, branding kamu bisa digunakan untuk mendasari upaya pemasaranmu.

Lanjut ke halaman berikutnya>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> Apa Itu Marketing

Apa itu marketing?

Marketing mengacu pada alat yang kamu gunakan untuk menyampaikan pesan branding kamu. Branding bersifat tetap, sedangkan marketing akan terus berubah dan berkembang, sama seperti produk dan layanan yang kamu. Marketing akan secara langsung dan khusus diarahkan pada sektor-sektor target audiens kamu sambil mendukung nilai-nilai inti branding kamu.

Marketing sangat luas. Bisa tulus, lucu, atau serius. Bisa juga berupa campuran teks, kata kunci, foto, bagan, grafik, dan video. Marketing akan dilakukan dengan berbagai metode online dan offline. Beberapa yang paling umum adalah:

Namun, ada banyak metode lain baik marketing online maupun offline agar kamu dapat mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan kampanye pemasaranmu. Sementara metode pemasaran akan datang dan pergi dari tahun ke tahun, atau dari musim ke musim, namun branding kamu akan tetap konstan.**(RW)

Exit mobile version