Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Musik Hip-Hop Bisa Membantu Atasi Masalah Kesehatan Mental

Sumber foto: wellcomecollection.org

Topcareer.id – Sebuah usaha sosial yang disebut Hip Hop Psych telah didirikan oleh seorang ahli saraf di departemen psikiatri Universitas Cambridge, Inggris. Usaha ini mempromosikan penggunaan genre musik hip-hop untuk membantu pengobatan penyakit mental.

“Ada jauh lebih banyak hal dari genre musik hip-hop daripada yang disadari publik,” kata sang pendiri, profesor Becky Inkster kepada The Guardian.

“Saya tumbuh di tahun 90-an selama era emas hip-hop, ketika meledak menjadi budaya mainstream.” ujarnya.

Profesor Inkster ingin bekerjasama dengan rapper, badan amal, kelompok medis, dan lainnya untuk mempromosikan potensi sesungguhnya dari musik hip-hop.

Menurutnya, musik hip-hop kaya akan referensi untuk membantu penyembuhan penyakit kejiwaan. Salah satu contohnya adalah musisi Kendrick Lamar yang pernah memerinci bagaimana ia melepaskan diri dari budaya narkoba dan geng di Compton, Los Angeles melalui musik hip-hop.

“Banyak penyanyi rap dan artis hip-hop datang dari daerah perkotaan yang kekurangan, dan sering menjadi sarang masalah seperti penyalahgunaan narkoba, kekerasan dalam rumah tangga. dan kemiskinan yang pada gilirannya, terkait dengan peningkatan penyakit kejiwaan,” kata Inkster.

Masalah-masalah ini berakar pada bahasa dan lagu-lagu mereka. Jika dilaksanakan penelitian, dapat dilihat pasien yang mencari terapi akan diminta untuk menulis tentang perasaan mereka dalam bentuk rap.

Inkster juga mengkritik gagasan yang dipegang oleh beberapa orang, bahwa hip-hop entah bagaimana merupakan musik yang tidak intelektual.

“Hip-hop pada umumnya, dan rap pada khususnya, sering membawa pesan yang jauh lebih kompleks daripada musik yang umumnya dihargai,” katanya.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply