Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Body Language yang Bisa Ditiru dari Steve Jobs Agar Lebih Wibawa

Topcareer.id – Di antara faktor yang membuat reputasi dan karier hancur, satu hal yang sering diabaikan banyak orang, yakni bahasa tubuh. Penampilan dan komunikasi nonverbal lebih penting daripada yang dipikirkan kebanyakan orang.

Menurut Pelatih Karier dan President The Montag Group, Steve Herz dalam laman CNBC Make It, percuma jika kamu mengenakan pakaian mahal, tapi tidak tahu bagaimana menampilkan diri sebagai orang yang berwibawa dan dapat dipercaya. Kamu tidak akan pernah mendapatkan rasa hormat yang dibutuhkan.

Buat orang lain menghormatimu dengan bahasa tubuh yang resmi

Menurut Herz, Steve Jobs memahami kekuatan bahasa tubuh yang otoritatif. Ia menggunakan ekspresi otoritas luar lainnya seperti postur tegak, bahasa tubuh terbuka dan gaya berjalan yang memerintah.

Baca Juga: Apa Musik Pilihan Steve Jobs, Bill Gates, Mark Zuckerberg Hingga Elon Musk?

Gaya presentasi Jobs baik di dalam maupun di luar panggung mengkomunikasikan keyakinan mutlak dalam apa yang ia jual: produk Apple dan dirinya sendiri.

Inilah yang bisa didapat dari Steve Jobs tentang bagaimana menggunakan bahasa tubuh yang otoritatif untuk menanamkan kepercayaan dan rasa hormat:

1. Kenakan pakaian yang cocok dengan kepribadianmu

Pakaian tidak hanya membuat merasa percaya diri, pakaian itu juga harus sesuai dengan budaya dan lingkungan audiens yang kamu coba untuk menangkan. Turtleneck hitam milik Jobs yang dipadukan dengan kacamata berbingkai kawat, celana jins biru, dan sepatu kets New Balance putih menyampaikan otoritas yang bisa diterima.

2. Jangan membungkuk

Pertahankan postur tubuh yang tegak dan lurus, baik saat berdiri, duduk atau berjalan. Kamu bisa melakukan ini dengan melibatkan otot-otot intimu. Trik lain adalah menarik bahu ke belakang, mengangkatnya ke telinga, lalu gulingkan kembali ke bawah sampai merasa nyaman.

Baca Juga: Pengusaha Terkaya Ini Buktikan Tanpa Ijazah Kuliah Mereka Tetap Meraih Kesuksesan

3. Tegakkan kepala

Kamu tentu tidak dapat melakukan kontak mata jika wajahmu menunduk menatap ke tanah. Jaga leher dan kepala tetap tinggi atau tegap.

4. Gunakan gerakan tangan terbuka di atas pinggang untuk menyampaikan poin

Salah satu gerakan tangan favorit Jobs adalah mengangkat kedua tangannya ke atas, dengan telapak tangan saling berhadapan (seperti sedang memegang bola basket). Gerakan ini menunjukkan kepercayaan diri dan kendali, seolah-olah dia memiliki fakta di ujung jarinya.

Tetap pertahankan gerakan secara alami. Gerakan yang terlalu dramatis akan membuatmu terlihat seperti berusaha terlalu keras.

5. Jangan seret kakimu

Kesan pertama adalah segalanya, jadi saat kamu memasuki ruangan, pertahankan kiprah percaya diri dan tahan dagu. Lengan harus nyaman beristirahat di samping pinggul, tidak bersilang. Ini sering membutuhkan banyak latihan.**(RW)

Leave a Reply