Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Info Beasiswa

Vaksin Penangkal Corona akan Rampung 2021

Topcareer.id – Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) menyebut bahwa vaksin penangkal virus corona yang diteliti oleh Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, ditargetkan akan rampung pada 2021.

“Pengembangan vaksin yang diberi nama Vaksin Merah Putih ini sudah masuk dalam tahap pengujian. Dalam tahap ini, LBM Eijkman telah membangun pondasi pembuatan vaksin dari suatu zat protein atau disebut dengan protein rekombinan,” ujar Menristek/Kepala BRIN, Bambang PS Brodjonegoro saat rapat kerja bersama Komisi IX DPR-RI di Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Setelah tahap pengujian, vaksin akan masuk ke tahap percobaan terhadap hewan yang akan dilakukan di Laboratorium Biosafety Level-3 (BSL-3), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Bio Farma, Honesti Basyir menegaskan, pihaknya bisa memproduksi vaksin sesuai dengan kebutuhan apabila bibit vaksin sampai ke Bio Farma tepat waktu, yakni awal tahun 2021 nanti.

“Bila tepat waktu, maka bukan tidak mungkin kuartal III 2021 mendatang, kami mampu memproduksi vaksin Covid-19 hingga sebanyak 250 juta dosis per tahun,” ucap Honesti Basyir.(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply