Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, September 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Kemenparekraf Bantu UMKM Bertransformasi ke Platform Digital

Topcareer.id – Di tengah pandemi ini, masyarakat cenderung lebih memilih berbelanja secara online ketimbang harus keluar rumah dan mendatangi toko yang dituju.

Hal ini membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio mengajak pelaku UMKM membuka peluang pasar yang lebih besar dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Pandemi ini memaksa hampir semua orang untuk mentransformasi segala kegiatannya ke platform digital. Untuk itu, kami memberikan berbagai pendampingan untuk peningkatan kompetensi pelaku UMKM untuk masuk ke platform digital tersebut,” ujarnya di Jakarta, Selasa (21/7/2020).

Pendampingan yang dimaksud Menparekraf tersebut di antaranya memberikan pelatihan pembuatan konten komersial yang menarik, membantu perencanaan keuangan, stocking, membuka channel untuk mendapat permintaan, hingga membantu aktivasi media sosial UMKM.

Baca juga: Perkuat UMKM, BRI Lakukan Restrukturisasi Kredit Hingga Rp 177 Triliun

Selain itu, Wishnutama juga mengaku akan membantu pengurusan sertifikat HAKI untuk 200 peserta terpilih, serta mempromosikan dan mengikutsertakan peserta dengan performa terbaik ke program-program kerja sama Kemenparekraf dengan pihak lainnya.

“Ada juga program Bantuan Insentif Pemerintah dengan total dana yang dialokasikan sejumlah Rp 24 miliar,” jelasnya.

Untuk itu, ia berharap agar pelaku UMKM dapat memanfaatkan peluang ini dengan baik, dan dapat bertransformasi ke digital, sehingga pemasaran yang dilakukan UMKM akan berjalan lebih cepat dan jangkauannya lebih luas.(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply